Bagaimana Cara Menggunakan Surat Rujukan BPJS Online

Bagaimana Cara Menggunakan Surat Rujukan BPJS Online – Artikel kali ini akan membahas mengenai penggunaan surat rujukan BPJS online yang saat ini mulai banyak digunakan oleh generasi milenial.

Kemajuan teknologi memang membuat masyarakat semakin mudah dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Misalnya saja ketika hendak menggunakan surat rujukan untuk BPJS, saat ini Anda bisa menggunakan surat rujukan secara online.

Manfaatkan Perkembangan Teknologi yang Ada Saat Ini Untuk Menggunakan BPJS

Meskipun perkembangan zaman ini dapat membawa berbagai kemudahan untuk Anda, Anda juga harus tetap mematuhi prosedur penggunaan kartu BPJS yang telah ditentukan.

Advertisements

Prosedur ini sudah dirancang dengan sedemikian rupa sehingga Anda harus mengikuti setiap langkah dalam prosedur yang ada.

Bagaimana Cara Menggunakan Surat Rujukan BPJS Online

Jika ada yang tidak Anda patuhi maka kemungkinan klaim Anda akan ditolak oleh pihak BPJS kesehatan. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan kerugian bagi Anda.

Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan surat rujukan BPJS online.

  • Lakukan Tahapan Prosedur yang Telah Ditetapkan

Penggunaan sistem online juga mengharuskan Anda untuk tetap melakukan prosedur seperti layaknya menggunakan kartu BPJS yang biasa. Anda harus mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tertera pada kartu BPJS Anda.

Advertisements

Ketika Anda baru pertama kali melakukan pengobatan atau pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama tersebut, maka Anda harus membuat tanda pasien baru terlebih dahulu.

  • Periksakan Dahulu Diri Anda Kepada Dokter

Sebelum mendapatkan surat rujukan, Anda perlu melalui tahap pemeriksaan oleh dokter yang ada di fasilitas kesehatan tingkat pertama. Ketika keadaan tubuh Anda masih baik-baik saja maka Anda tidak akan diberikan surat rujukan.

Namun jika ditemukan indikasi medis tertentu yang memerlukan penanganan khusus maka dokter akan dengan senang hati membuatkan surat rujukan untuk Anda.

  • Gunakan Surat Rujukan dengan Baik dan Benar

Surat rujukan ibarat surat pengantar yang diberikan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama ke fasilitas kesehatan tingkat kedua.

Bagi Anda yang sudah memanfaatkan sistem online maka Anda tinggal menunjukkan screenshoot surat rujukan yang Anda dapat dari fasilitas kesehatan tingkat pertama ke bagian administrasi dari fasilitas kesehatan tingkat kedua.

Hal ini harus dilakukan kecuali ada kejadian gawat darurat yang menimpa Anda sehingga Anda tidak sempat meminta surat rujukan terlebih dahulu.

Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat banyak instansi yang melakukan inovasi dalam hal penyediaan layanan kesehatan.

Peserta BPJS pun saat ini bisa lebih mudah untuk melakukan pembayaran iuran rutin melalui mini market yang telah melakukan kerja sama dengan BPJS, aplikasi online, website online, dan sebagainya.

Begitu pula ketika Anda hendak mengetahui informasi mengenai saldo BPJS Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.

Manfaat perkembangan teknologi ini bisa membantu Anda agar lebih efektif dan efisien dalam penggunaan BPJS. Demikian informasi mengenai surat rujukan BPJS online, semoga bermanfaat.

Advertisements