Berapa Saldo Jamsostek yang Dimiliki Dalam Jangka Waktu 1 Tahun Masa Kerja?

Berapa Saldo Jamsostek yang Dimiliki Dalam Jangka Waktu 1 Tahun Masa Kerja? – Artikel kali ini akan membahas mengenai informasi saldo Jamsostek masa kerja 1 tahun yang bisa Anda dapatkan jika rutin melakukan pembayaran iuran.

Sebagai anggota atau peserta dari lembaga penyelenggara jaminan asuransi tentunya Anda perlu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh badan penyelenggara.

Salah satu syarat utama agar Anda bisa mendapatkan hak Anda yaitu memenuhi kewajiban membayar iuran secara rutin setiap bulannya.

Advertisements

Berapa Saldo Jamsostek yang Dimiliki Dalam Jangka Waktu 1 Tahun Masa Kerja?

Berapa Saldo Jamsostek yang Dimiliki Dalam Jangka Waktu 1 Tahun Masa Kerja?

Bekerja merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan uang. Uang ini berfungsi sebagai alat transaksi untuk memenuhi kebutuhan diri dan keluarga setiap harinya. Pada zaman yang modern dan serba berkembang ini manusia semakin banyak memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi.

Bahkan saat ini tidak ada yang gratis di dunia, ketika hendak membuang sampah pun Anda akan diminta untuk membayar iuran kebersihan yang akan digunakan untuk membayar jasa pengangkut sampah di perumahan.

Advertisements

Hal ini berarti Anda juga harus semakin bekerja keras untuk bisa mendapatkan uang yang banyak dan halal. Pekerjaan yang Anda geluti saat ini tentunya tidak terlepas dari adanya risiko kecelakaan, penyakit, atau bahkan risiko kematian yang mengintai siapa, kapan, dan di mana saja pekerja berada.

Mempunyai suatu jaminan dalam hal pemeriksaan kesehatan, hari tua, kematian dan hal lain yang mungkin terjadi saat bekerja menjadi salah satu hal penting yang perlu Anda miliki.

Bagi Anda yang mungkin baru mengikuti program Jamsostek ini selama 1 tahun maka perlu mengetahui saldo Jamsostek masa kerja 1 tahun. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui saldo Jamsostek yang Anda miliki.

Saldo Jamsostek Masa Kerja 1 Tahun Berapa?

  • Hitung Jaminan Hari Tua Anda dengan Cermat

Pemberian jaminan hari tua dari perusahaan tempat Anda bekerja cukup besar yaitu 3,7 persen dari gaji atau upah yang Anda terima selama satu bulan. Pastikan Anda memberikan informasi gaji bulanan Anda secara tepat dan pastikan pula perusahaan memberikan informasi gaji bulanan Anda ke Jamsostek secara tepat.

Hal ini akan merugikan jika gaji yang dilaporkan oleh perusahaan ke Jamsostek tidak sesuai. Kemudian hasil perhitungan ditambah dengan 2 persen gaji Anda dalam waktu satu bulan.

Setelah keduanya ditambahkan, kemudian dihitung selama dua belas bulan maka akan didapat saldo jaminan hari tua Anda selama 1 tahun.

  • Perlunya Menghitung Saldo Jaminan Pemeriksaan Kesehatan Selama 1 Tahun

Pemeriksaan kesehatan bagi Anda yang masih lajang yaitu 3 persen dari gaji per bulan. Jadi apabila Anda sudah bergabung menjadi peserta Jamsostek selama 1 tahun, Anda tinggal menghitung saldo yang Anda dapatkan selama 12 bulan menggunakan rumus yang tadi.

Semua komponen jaminan selama 1 tahun dapat Anda hitung hingga Anda akan mengetahui saldo Jamsostek masa kerja 1 tahun, semoga bermanfaat.

Advertisements