Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Peserta Jamsostek Mudah

Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Peserta  – Mungkin bagi beberapa orang masih bingung kenapa istilah Jamsostek atau ASKES mulai jarang terdengar akhir-akhir ini. Hal ini memang wajar karena istilah-istilah ini memang lebih dahulu dipakai dan akrab di kalangan masyarakat, terutama bagi para karyawan.

Sebenarnya sejak beberapa tahun belakangan ini program-program Jamsostek dan ASKES memang sudah berganti nama dan dijadikan satu dengan program BPJS.

Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Peserta Jamsostek Mudah

Jamsostek sekarang lebih akrab disebut BPJS TK (Ketenagakerjaan) sedangkan ASKES berubah menjadi BPJS Kesehatan.

Advertisements

Terus bagaimana cara cek saldo Jamsostek bagi para penggunanya? Di artikel ini, kami akan coba memberi sedikit penjelasan tentang cara-caranya.

Perubahan Nama Jamsostek ke BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Peserta Jamsostek Mudah

Cara Cek Saldo Jamsostek Untuk Peserta Jamsostek Mudah

Sebenarnya perubahan ini sudah diatur semenjak tahun 2011 yang lalu dalam Undang-undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

Undang-undang tersebut berisikan agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) dan Asuransi Kesehatan Indonesia (ASKES) untuk dirubah menjadi badan hukum publik yang dinaungi langsung oleh Presiden.

Maka, para peserta Jamsostek secara otomatis sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Begitu pun juga peserta ASKES yang secara otomatis terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Cara Cek Saldo Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan (BPJS TK)

Sekarang masalahnya, bagaimana cara cek saldo Jamsostek bagi para karyawan yang masih awam akan hal ini. Sebenarnya caranya cukuplah mudah.

Hal ini dikarenakan berkembang pesatnya media informasi seperti internet. Berikut ini beberapa cara untuk melihat saldo Jamsostek atau sekarang disebut BPJS TK:

  • Cek Saldo BPJS TK via Online

Cara pertama adalah dengan melihat saldo dengan melihatnya langsung di situs BPJS KT. Pertama-tama, catatlah nomor Kartu Peserta BPJS (KPJS) Anda. Lalu masuk situs resmi BPJS KT yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kemudian klik Login.

Bagi Anda yang belum terdaftar secara online, kliklah Sign Up dan isilah formulir yang disediakan. Setelah berhasil Login, klik Lihat Saldo JHT lalu pilihlah KPJ BPJS Ketenagakerjaan kemudian klik Submit. Kemudian, saldo Anda akan muncul pada lama website tersebut.

  • Cek Saldo BPJS TK via Aplikasi Mobile

Cara kedua adalah dengan melihatnya via Aplikasi bernama BPJSTK di Play Store atau App Store. Unduhlah terlebih dahulu kemudian login dengan melalui akun Google Anda.

Anda juga bisa membuat akun baru dengan cara mengisi formulir registrasi terlebih dahulu. Setelah login, pilihlah menu Cek Saldo JHT maka saldo Anda akan terlihat di layar Smartphone Anda.

  • Cek Saldo BPJS TK via SMS atau Pesan Singkat

Cara ketiga bisa melalui pesan singkat atau SMS. Anda hanya cukup mencatat Nomor kartu Peserta Jamsostek (KPJ) Anda.

Advertisements

Kemudian kirimkan SMS dengan format REG#Nomor Jamsostek/BPJS#Tanggal lahir# Nama Ibu Kandung, kemudian kirim ke nomor 08111009696.  Jika format SMS Anda benar, maka akan ada balasan.

Kemudian, ketik Saldo#Nomor ID Anda kirim ke nomor yang sama.

  • Cek Saldo BPJS TK secara Manual

Cara keempat adalah cara manual yaitu dengan datang langsung ke kantor Jamsostek terdekat dan menanyakannya langsung ke petugas. Bawalah Kartu Peserta dan identitas yang masih berlaku seperti KTP dan KK.

  • Cek Saldo BPJS TK via ATM

Cara kelima adalah dengan mengeceknya via ATM. Namun cara ini hanya berlaku bagi nasabah BNI. Jika Anda adalah nasabah BNI maka Anda bisa melihat saldo Jamsostek Anda lewat ATM.

Itulah cara cek saldo Jamsostek atau BPJS TK bagi Anda yang ingin mengetahui saldo Jamsostek masing-masing. Anda bisa memilih salah satu dari beberapa pilihan di atas.

Begini Cara Cek Saldo BPJSTK Mobile

Dengan berkembang pesatnya media teknologi khususnya internet dan android, banyak pelayanan-pelayanan pemerintah yang kemudian membuat beberapa terobosan.

Salah satunya adalah dengan membuat aplikasi berbasis android dan IOS untuk mengakses data-data pribadi para pengguna.

Bagi Anda peserta BPJS, sekarang Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor Jamsostek hanya untuk sekedar mengecek saldo Anda. Artikel ini akan membahas tentang cara cek saldo BPJSTK Mobile.

Apa Itu BPJSTK Mobile?

Bagi peserta Jamsostek, atau  sekarang lebih dikenal sebagai BPJSTK. Anda dapat mengecek saldo JHT Anda dengan menggunakan aplikasi bernama BPJSTK Mobile. Aplikasi ini adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak BPJSTK sebagai media pelayanan publik yang lebih mudah dijangkau.

Hal in memang perlu dilakukan mengingat masyarakat kita sekarang sudah banyak yang menggunakan smartphone sebagai media komunikasi dan mobilisasi. Dengan aplikasi ini, akses data dan pelayanan publik jauh lebih mudah dan cepat. Berikut adalah cara cek saldo BPJSTK Mobile:

  • Unduh Aplikasi BPJSTK Mobile di PlayStore atau AppleStore

Langkah pertama jika Anda ingin menggunakan fasilitas dari pihak BPJSTK ini adalah dengan mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu di PlayStore atau AppleStore.

Anda hanya harus mengetik BPJSTK Mobile dan aplikasi tersebut akan muncul di daftar aplikasi yang Anda cari. Anda tinggal perlu mengunduh dan menunggu prosesnya terlebih dahulu.

  • Mendaftar Untuk Bisa Login

Setelah proses unduh tersebut selesai, langkah berikutnya adalah dengan membuka aplikasi ini. Sebelum Anda login ke aplikasi ini, pastikan Anda sudah memiliki akun terlebih dahulu. Jika Anda belum mempunyai akun, Anda hanya perlu mendaftar dengan mengisi beberapa kolom untuk proses registrasi.

Pastikan Anda memasukkan email yang masih aktif. Karena email dan kode PIN merupakan syarat wajib untuk dapat login atau masuk ke aplikasi ini.

  • Klik Cek Saldo JHT

Jika Anda sudah dapat login atau masuk, langkah selanjutnya untuk mengecek saldo Jamsostek atau BPJSTK Anda adalah dengan memilih menu Cek Saldo JHT.

Setelah Anda memilih menu ini, maka saldo akhir Anda akan terlihat di layar Smartphone Anda. Jika saldo Anda kosong, mungkin dana JHT Anda sudah ditransfer ke nomor rekening Anda.

Berikut adalah cara cek saldo BPJSTK Mobile. Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan proses pendaftaran akun di aplikasi ini, Anda dapat mengunjungi kantor Jamsostek terdekat untuk meminta bantuan. Namun, selain cara ini ada beberapa cara lain tanpa harus pergi ke kantor Jamsostek.

Cara tersebut di antaranya adalah dengan SMS atau pesan singkat ke nomor 08111009696 dengan format REG#Nomor Jamsostek/BPJS#Tanggal lahir# Nama Ibu Kandung. Atau dengan mengunjungi website resmi BPJSTK yaitu bpjsketenagakerjaan.go.id dan mengeceknya melalui ATM, namun hanya untuk nasabah BNI.

Advertisements