Cara Membayar Tunggakan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Membayar Tunggakan BPJS Ketenagakerjaan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau yang biasa disebut BPJS merupakan perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia.

Untuk mendapatkan layanan ini, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan wajib membayar iuran setiap bulannya agar tidak menunggak.

Berikut ini adalah cara membayar tunggakan BPJS ketenagakerjaan:

Advertisements
  1. Membayar Langsung ke Kantor BPJS Setempat

Untuk membayar tunggakan BPJS ketenagakerjaan, Anda dapat langsung membayarnya ke kantor BPJS di daerah masing-masing. Disana Anda dapat bertanya langsung kepada petugas BPJS tentang berapa tunggakan yang harus dibayar dengan cara menunjukkan kartu BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki.

  1. Membayar Tunggakan Lewat Bank

Cara bayar tunggakan BPJS yang satu ini tergolong mudah dan sederhana. Sama halnya dengan datang langsung ke kantor BPJS, dengan datang ke bank Anda dapat mengikuti instruksi-instruksi yang diberikan untuk mengetahui berapa total tunggakan yang harus Anda bayar.

Anda dapat membayar tunggakan melalui bank yang sudah bekerja sama dengan layanan BPJS, seperti Bank BNI dan Bank BRI.

  1. Membayar Tunggakan melalui Minimarket yang telah Bekerja Sama dengan BPJS

Jika kantor BPJS didaerah Anda terlalu jauh dari rumah, maka Anda bisa membayarnya melalui minimarket yang telah bekerja sama dengan layanan BPJS ketenagakerjaan, seperti Alfamart dan Indomaret. Disini, Anda hanya harus menambah biaya administrasi ketika membayar tunggakan BPJS ketenagakerjaan.

Advertisements

Ketiga cara membayar tunggakan BPJS ketenagakerjaan diatas dapat menjadi informasi bagi Anda yang mungkin saja kurang memiliki waktu luang untuk membayarnya langsung ke kantor BPJS setempat.

Selain itu dengan membayar tunggakan, maka Anda akan terbebas dari berbagai kerugian di masa yang akan datang. Kerugian-kerugian tersebut seperti kesulitan membayar ketika akan mengaktifkan kembali layanan BPJS ketenagakerjaan Anda karena tunggakan yang menumpuk.

Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh peserta BPJS ketenagakerjaan untuk selalu ingat akan kewajiban mereka setiap bulannya, yaitu membayar iuran BPJS ketenagakerjaan. Sehingga, jika ada peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan terjadi, maka ada BPJS ketenagakerjaan milik Anda yang dapat menanggung biayanya dengan tepat.

Selain itu, dengan membayar iuran tepat waktu maka kartu BPJS ketenagakerjaan Anda akan selalu aktif ketika sedang dibutuhkan, sehingga tidak ada hal yang perlu di khawatirkan lagi ketika Anda mengalami kejadian yang tidak mengenakkan di tempat kerja. Tunggakan yang menumpuk tentu saja menimbulkan banyak kerugian.

Jadi, usahakanlah untuk membayar iuran Anda sebaik mungkin setiap bulannya, karena layanan BPJS tidak akan aktif jika tunggakan belum dilunasi.

Oleh karena itu, membayar iuran BPJS ketenagakerjaan merupakan salah satu kepentingan yang wajib diingat dan dilakukan. Cara membayar tunggakan BPJS ketenagakerjaan diatas diharapkan dapat menjadi informasi penting untuk para peserta BPJS ketenagakerjaan di Indonesia.

Advertisements