Cara Meminta Surat Rujukan Dari Puskesmas Terbaru 2019

Cara Meminta Surat Rujukan Dari Puskesmas – Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk meminta surat rujukan dari puskesmas. Surat rujukan dari puskesmas menjadi salah satu hal penting atau syarat ketika Anda hendak mengakses pelayanan kesehatan di tingkat lanjut.

Tentunya tidak semua peserta BPJS bisa mendapatkan surat rujukan, karena ada syarat dan indikasi penyakit tertentu yang berhak mendapatkan surat rujukan dari puskesmas.

Berikut Prosedur Dalam Meminta Surat Rujukan Dari Puskesmas

Saat Anda mendaftar atau menjadi peserta dari suatu program perlu adanya pemahaman yang baik mengenai peraturan yang telah ditetapkan.

Advertisements

Salah satunya mengenai surat rujukan yang perlu Anda miliki ketika hendak mengakses pelayanan kesehatan tingkat lanjut.

Apakah Anda sudah mengetahui cara meminta surat rujukan dari puskesmas? Simak ulasan berikut ini apabila Anda ingin mengetahui cara yang benar ketika hendak meminta surat rujukan.

Cara Meminta Surat Rujukan Dari Puskesmas

  • Pahami Aturan yang Berlaku dengan Baik

Peserta BPJS kesehatan tentunya telah mengetahui beberapa persyaratan yang harus dilakukan ketika hendak melakukan rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut.

Anda tidak diperkenankan untuk meminta dibuatkan surat rujukan oleh dokter yang ada di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Surat rujukan hanya akan dikeluarkan apabila ada indikasi medis tertentu yang memerlukan penanganan yang lebih lanjut. Rumah sakit rujukannya pun biasanya telah ditentukan oleh dokter sehingga pasien jarang sekali bisa memilih.

Bagi yang melanggar aturan maka klaim pembayaran biaya kesehatannya tidak akan diterima oleh pihak BPJS kesehatan.

Advertisements
  • Datang ke Fasilitas Tingkat Pertama Sesuai dengan yang Tertera pada Kartu BPJS

Saat mendaftar sebagai peserta BPJS kesehatan tentunya Anda diberikan pilihan fasilitas kesehatan yang hendak dipilih. Anda bisa memilih fasilitas pelayanan kesehatan yang berada di dekat rumah dan telah bekerja sama dengan pihak BPJS.

Kemudian Anda harus melalui serangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dokter. Ketika ditemukan indikasi penyakit yang perlu penanganan khusus dari dokter spesialis atau fasilitas kurang mendukung maka dokter akan membuat surat rujukan.

  • Rumah Sakit Rujukan Sudah Tertera pada Surat Rujukan

Pada surat rujukan akan tercantum rumah sakit yang direkomendasikan oleh dokter di fasilitas kesehatan primer. Rumah sakit ini berhubungan dengan penyakit atau indikasi medis yang Anda rasakan.

Bagi Anda yang menjadi bagian dari kepesertaan BPJS tentunya harus melakukan beberapa prosedur dan syarat yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penyelenggaraan jaminan kesehatan ini perlu diatur dengan jelas agar tercipta suatu aturan yang jelas dan mengikat setiap anggotanya. Tidak jarang juga ada kasus BPJS tidak menerima klaim dari peserta BPJS kesehatan.

Cara Meminta Surat Rujukan Dari Puskesmas

Hal ini umumnya terjadi karena pihak pengaju tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS. Aturan dibuat untuk dipatuhi dan dilaksanakan, termasuk aturan ketika meminta surat rujukan dari puskesmas. Semoga bermanfaat!

Advertisements