Cara Memperpanjang Surat Rujukan BPJS Mudah dan Cepat

Cara Memperpanjang Surat Rujukan BPJS  – Sebagai pengguna BPJS, hal-hal yang berkaitan dengan BPJS tentunya harus paham dan mengerti beberapa prosedur penting.

Seperti salah satunya cara memperpanjang surat rujukan BPJS, bagaimana bila terblokir dan aturan-aturan lainnya. Tujuannya agar Anda tidak terombang-ambing saat membutuhkan informasi tersebut.

Memang terkadang ada oknum yang nakal yang tidak ingin bertanggungjawab terhadap kewajiban mereka. Maka dari itu, mengetahui prosedur dan ketentuan mengenai BPJS sangat diperlukan.

Advertisements

Mudahnya Memperpanjang Surat Rujukan BPJS

Untuk memperpanjang surat rujukan dari BPJS ini ada beberapa prosedur dan juga ketentuan. Penggunaan BPJS bisa Anda gunakan untuk keperluan pengobatan rawat jalan, rawat inap, gawat darurat dan pengobatan luar kota.

Surat rujukan diberikan untuk tingkat yang lebih tinggi. Misal dari puskesmas ke rumah sakit. Cara memperpanjang surat rujukan BPJS sebaiknya dilakukan secara rutin ke Faskes 1 sebagai bukti perkembangan kesehatan pasien.

Ini berguna agar rumah sakit rujukan berikutnya dapat memahami kondisi pasien yang bersangkutan dan segera ditangani.

Cara Memperpanjang Surat Rujukan BPJS Mudah dan Cepat

Surat rujukan dari BPJS berlaku selama 1 bulan (30 hari). Surat rujukan ini dibuat oleh puskesmas yang tujuannya untuk medis ataupun untuk rujukan kesehatan untuk melimpahkan wewenang terhadap tanggung jawab permasalahan yang timbul.

BPJS Kesehatan menerapkan sistem rujukan berjenjang yaitu bilamana pasien yang menerima fasilitas kesehatan tingkat 1 harus dirawat lebih intensif ke fasilitas kesehatan yang lebih baik.

Surat rujukan BPJS berlaku selama 30 hari dengan syarat surat tersebut bukan merupakan kasus baru. Jadi untuk perpanjang juga dengan masalah kesehatan yang sama.

Jika ada kasus yang berbeda, maka perlu kembali membuat surat rujukan agar segera ditangani. Saat kondisi darurat, pasien tidak perlu menggunakan surat rujukan dan dapat langsung masuk ke ruang IGD untuk segera mendapat penanganan.

Advertisements

Cara Memperpanjang Surat Rujukan BPJS Mudah dan Cepat

Ada point-point penting yang harus Anda pahami saat rujukan surat BPJS kesehatan yaitu:

  • Mengenali dan memahami aturan Fasilitas Kesehatan I

Fasilitas kesehatan I merupakan fasilitas pertama untuk Anda yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

  • Pemilihan Fasilitas Kesehatan I

Fasilitas kesehatan memiliki tingkatan yang masing-masing memiliki sisi lebih dan sisi kurang. Untuk pemilihan fasilitas kesehatan, Anda perlu mempertimbangkan setidaknya lokasi fasilitas kesehatan dan juga jam operasionalnya. Karena, jam operasional untuk faskes I terbatas.

  • Alamat faskes dan alamat KTP berbeda

Saat mengisi data, sebaiknya Anda mengisi alamat pada faskes yaitu tempat Anda berdomisili sekarang. Karena kadang Anda bekerja di suatu kota yang jauh dari kota asal Anda.

  • Berobat tanpa rujukan

Bila dalam keadaan darurat, Anda perlu mendapat penanganan secepatnya tanpa mengurus ini itu.

  • Penggantian Faskes I

Dalam BPJS, hal ini dimungkinkan dapat terjadi. Anda tetap dapat menjadi peserta selama 3 bulan. Bila waktu itu selesai, Anda dapat mendatangi kantor BPJS cabang untuk mengurusnya.

Demikian cara memperpanjang surat rujukan BPJS. Informasi lebih lanjut, bisa Anda dapatkan di bagian informasi kantor cabang BPJS terdekat.

Advertisements