Cara Mencairkan Jamsostek Tanpa Surat Paklaring

Cara Mencairkan Jamsostek Tanpa Surat Paklaring  – Bekerja memang sudah menjadi kewajiban yang harus kita lakukan, tetapi dalam melakukan pekerjaan kita juga terkadang mengalami kesulitan. Jika kesulitan ini memang membuat kita stres sebaiknya berhenti bekerja saja.

Jangan takut tidak akan mendapatkan uang jika berhenti bekerja, karena sewaktu bekerja kita itu sudah otomatis didaftarkan oleh perusahaan menjadi peserta Jamsostek tenaga kerja. Kita akan mendapatkan dana pensiun dari Jamsostek karena semasa bekerja sudah membayarkan iuran per bulannya.

Tetapi untuk dapat mencairkan Jamsostek tanpa surat paklaring memang hal yang sangat mustahil, jadi kita akan tetap membutuhkan surat ini.

Advertisements

Ketentuan Dalam Mencairkan Dana Jamsostek Tenaga Kerja

Semua program pemerintah pasti akan dibuat untuk dapat menyejahterakan rakyatnya, begitu pula dengan program Jamsostek tenaga kerja. Tujuan dari pembuatan program ini adalah untuk membantu para karyawan swasta yang sudah keluar atau berhenti bekerja di sebuah perusahaan.

Cara Mencairkan Jamsostek Tanpa Surat Paklaring

Jika kita mengikuti program ini maka hari tua kita akan terjamin, karena kita akan mendapatkan dana pensiun. Dana ini adalah uang dari gaji kita yang dipotong tiap bulannya oleh perusahaan untuk membayarkan dana iuran Jamsostek. Untuk dapat mencairkan Jamsostek tanpa surat paklaring akan ada ketentuannya tersendiri

Advertisements

Membuat Surat Paklaring

Jika kita tidak memiliki surat paklaring maka kita tidak akan bisa mencairkan dana Jamsostek kita. Jika sudah seperti ini maka kita akan dirugikan karena sudah tiap bulan membayarkan iuran Jamsostek.

Untuk dapat memiliki surat paklaring ini kita bisa meminta pihak perusahaan tempat kita bekerja untuk membuatkan. Jika memang tidak bisa maka kita harus terus menuntut sampai dibuatkan karena memang ini hak yang harus kita dapatkan.

Surat paklaring ini berisi keterangan tanggal kita bekerja dan juga tanggal berakhirnya masa bekerja kita. Pihak Jamsostek akan membutuhkan surat ini untuk mengkonfirmasi apakah jumlah uang yang didapatkan itu sama dengan jumlah uang yang dibayarkan sewaktu bekerja.

Syarat Untuk Mencairkan Dana Jamsostek Tenaga Kerja

Jika kita sudah berhenti dari pekerjaan maka kita sudah bisa memiliki dana Jamsostek tenaga kerja. Untuk dapat memiliki dana ini kita harus menunggu selama satu bulan sejak kita berhenti.

Inilah syarat yang diberikan oleh pihak Jamsostek untuk karyawan yang ingin mengambil dana Jamsostek. Untuk dapat menerima dana ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Tinggal menunggu satu atau dua hari sejak pengajuan pencairan dana ini sudah bisa kita dapatkan.

Selain kita harus mempunyai surat paklaring untuk bisa mendapatkan dana Jamsostek ini, kita juga membutuhkan kartu peserta Jamsostek. Karena dengan kartu inilah menjadi bukti kalau kita itu peserta Jamsostek.

Jika kita sudah memiliki semua syarat yang diberikan pihak Jamsostek maka proses mencairkan Jamsostek tanpa surat paklaring itu akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Advertisements