Cara Mengambil Dana JHT Jamsostek/BPJS TK Tanpa Paklaring

Cara Mengambil Dana JHT Jamsostek/BPJS TK Tanpa Paklaring – Sebagai pekerja atau karyawan perusahaan pasti kita akan diharuskan mengikuti Jamsostek ataupun BPJS tenaga kerja. Tujuan perusahaan mewajibkan hal ini dilakukan adalah untuk membuat karyawan merasakan enaknya mendapatkan dana pensiun.

Untuk bisa mendapatkan dana Jamsostek atau BPJS tenaga kerja itu membutuhkan paklaring, tetapi untuk sebagian orang tidak memiliki surat ini dan akhirnya kesulitan dalam melakukan pengambilan dana Jamsostek ini.

Untuk dapat mengambil dana Jamsostek ini, mantan pekerja atau karyawan harus tahu bagaimana cara mengambil dana JHT Jamsostek yang benar.

Advertisements

Kesulitan Dalam Mengambil Dana Jamsostek Tanpa Paklaring

Jika kita ingin merasakan uang dari dana pensiun kita jika sudah berhenti bekerja di perusahaan, maka kita harus mengetahui cara mengambil dana JHT Jamsostek.

Memang masih banyak orang yang belum mengetahui dengan benar bagaimana cara mengambil dana ini. Apalagi untuk mantan karyawan yang tidak memiliki paklaring pasti akan tambah merasa kebingungan.

Cara Mengambil Dana JHT Jamsostek/BPJS TK Tanpa Paklaring

Memang syarat utama dari pengambilan dana ini adalah harus menyertakan paklaring yang dilegaliris oleh perusahaan tempat dulu kita bekerja. Jadi jika tidak memiliki paklaring kita tidak akan bisa mengambil dana Jamsostek.

Alasan Pengambilan Dana Jamsostek Tidak Bisa Tanpa Paklaring

Advertisements

Sudah dijelaskan di atas bahwa syarat utama dari pengambilan dana Jamsostek atau BPJS tenaga kerja harus wajib bisa menunjukkan paklaring.

Karena dengan menunjukkan paklaring ini membuktikan kalau kita itu peserta Jamsostek atau BPJS tenaga kerja.

Alasan pengambilan dana tidak bisa menggunakan paklaring sangat banyak dan di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Tidak Membuktikan Bahwa Sudah Pernah Bekerja

Paklaring adalah surat keterangan pernah bekerja di sebuah perusahaan, jadi pihak Jamsostek akan membutuhkan paklaring ini untuk mengkonfirmasi apakah peserta Jamsostek itu benar pernah bekerja di sebuah perusahaan.

Dengan paklaring ini juga akan memberikan informasi kepada pihak Jamsostek mengenai tanggal masuknya peserta Jamsostek bekerja dan juga tanggal berhentinya dari peserta tersebut.

Jadi sangat wajar jika pihak Jamsostek tidak akan mencairkan dana Jamsostek jika peserta tidak bisa menunjukkan paklaring ini.

  • Bisa Menjadi Modus Penipuan

Memang dana pensiun itu wajib dimiliki oleh karyawan sebuah perusahaan, dana Jamsostek ini besarnya itu ditentukan oleh lama peserta Jamsostek bekerja.

Jika lama bekerja maka akan banyak dana pensiun yang bisa kita dapatkan, tetapi akan ada saja modus penipuan menggunakan kesempatan ini.

Maka dari itu untuk menghindari modus penipuan ini, pihak Jamsostek tidak akan memberikan dana jika peserta tidak menunjukkan paklaring ini.

Itulah beberapa alasan yang mendasari larangan mengambil dana tidak menggunakan paklaring. Jadi sebelum mau mengambil dana Jamsostek ini kita harus belajar mengenai cara mengambil dana JHT Jamsostek yang benar. Jadi nantinya kita tidak akan kesulitan dalam proses pengambilan dana.

Advertisements