Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dengan KTP

Setiap orang yang memiliki kartu BPJS Kesehatan, ia akan berhak menerima layanan kesehatan yang semestinya. Untuk pengecekan kartu BPJS yang kita miliki, kita membutuhkan nomor BPJS. Di mana penting untuk mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan dengan KTP.

Apakah nomor kartu BPJS Kesehatan sama dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan?

BPJS Kesehatan berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk BPJS Kesehatan memberikan layanan untuk kita dan ditanggung oleh pengguna kartu BPJS Kesehatan.

Berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan, untuk BPJS Ketenagakerjaan ini ditanggung oleh perusahaan di mana kita bekerja, sehingga jelas nomor kartu BPJS di antara keduanya berbeda.

Advertisements

Bagaimana cara untuk mengetahui nomor pada Kartu BPJS Kesehatan dengan KTP?

Untuk mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan yang dilakukan dengan menginput KTP kita bisa datang ke kantor layanan BPJS.

Di sana kita hanya datang langsung ke bagian yang bersangkutan maka hanya dalam hitungan menit kita bisa mengetahui nomor kartu BPJS Kkesehatan dengan KTP. Hal ini banyak dilakukan, hanya saja layanan di kantor BPJS tidak bisa dilakukan selama 24 jam.

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dengan KTP

Hal ini membuat dari pihak pelayanan BPJS menawarkan cara pengecekan nomor kartu BPJS Kesehatan ini melalui SMS. Kita tinggal memasukkan kode yang telah diberikan oleh penyedia jasa layanan BPJS ke nomor tujuan yang telah disediakan.

Advertisements

Dan akhir-akhir ini, kita dipermudah dengan kita bisa mengetahui nomor kartu BPJS tersebut melalui internet. Hal ini sangat  mudah dilakukan, dan jelas kita bisa melakukan pengecekan selama 24 jam.

Namun seperti yang kita ketahui, satu cara ini masih jarang ada yang bisa karena keterbatasan SDM.

Bagaimana cara mengetahui nomor kartu BPJS secara online?

Untu mengetahui nomor kartu BPJS secara online ini bisa kita lakukan dengan cara mengoneksikan Hp atau perangkat yang kita miliki ke internet.

Setelah itu, kita masuk ke halaman yang telah disediakan oleh jasa pelayanan BPJS. Kemudian kita akses dan dalam hitungan detik kita akan masuk ke halaman layanan kartu BPJS.

Setelah kita masuk, kita akan diperlihatkan dengan beberapa perintah yang bisa kita lakukan. Jika kita akan melakukan pengecekan terkait nomor kartu BPJS kita.

Kita bisa melakukannya di kolom tertentu yang mengharuskan kita memasukkan identitas kita sebagai pengguna BPJS. Misal saja kita memasukkan NIK yang terdapat pada KTP.

Hanya dengan menunggu beberapa saat saja kita akan menerima beberapa informasi yang berkaitan dengan kartu BPJS yang kita miliki.

Termasuk kita juga bisa mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan, penonaktifan kartu BPJS yang kita miliki, dan lainnya. Cara ini sungguh mudah dan bisa dengan cepat kita bisa melakukan pengecekan terhadap kartu BPJS Kesehatan yang kita miliki.

Sudahkah kalian melakukan akses ke internet untuk mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan dengan KTP?

Advertisements