Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan – Sebagian pengguna BPJS kurang mengetahui nomor kartu BPJS Kesehatan. BPJS adalah suatu badan yang memberikan layanan asuransi untuk kesehatan. Mulai dari anak muda sampai tua, mulai masyarakat biasa sampai masyarakat swasta mereka layak menerima layanan BPJS.

Apa perbedaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan?

Kedua kartu tersebut sama yaitu melayani layanan yang bergerak untuk bidang kesehatan. Hanya saja untuk kartu BPJS Kesehatan diperuntukkan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Advertisements

Berbeda dengan BPJS Ketenagakerjaan yang diperuntukkan kepada pegawai swasta yang bekerja disalah satu perusahaan swasta.

Untuk BPJS Ketenagakerjaan juga diurus oleh perusahaan yang bersangkutan di mana ia bekerja. Namun jika BPJS Kesehatan diurus sendiri.

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Potongan bulanan yang dikenakan juga biasanya untuk perusahaan sekalian melakukan pemotongan pada gaji bulanan. Sehingga kita tidak perlu repot dalam menanganinya.

Bagaimana cara mendaftarkan BPJS?

Untuk mendaftarkan BPJS kita cukup datang langsung ke kantor BPJS terdekat yang bisa kalian jumpai di sekitar kalian. Kantor BPJS ini tersedia di setiap kabupaten di mana kalian tinggal. Hal ini memudahkan sekali untuk kalian yang akan mendaftarkan diri ke kantor BPJS.

Persyaratan yang dibutuhkan juga tidak begitu banyak. Kita bisa mengurusnya jauh hari sebelum kita akan datang ke kantor BPJS.

Advertisements

Pendaftaran BPJS ini juga tidak dipungut biaya alias gratis. Hal ini membuat daya tarik tersendiri untuk masyarakat yang akan mendaftar BPJS.

Apa boleh memiliki KIS dan BPJS Ketenagakerjaan?

Jika kita telah terdaftar sebagai penerima kartu Indonesia sehat, kalian tidak boleh menggunakan BPJS Ketenagakerjaan.

Kalian harus menonaktifkan salah satunya, baik kartu Indonesia sehat maupun BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, kalian pilih salah satu saja yang sekiranya diperlukan dan baik untuk kalian di masa yang akan datang.

Bagaimana cara mengetahui atau cek kartu BPJS?

Untuk mengetahui nomor kartu BPJS kesehatan kalian yang terdaftar dalam kartu Indonesia sehat atau BPJS ketenagakerjaan, kalian bisa melakukannya dengan beberapa cara.

Berikut cara yang biasa dilakukan dan telah banyak yang melakukannya. Cara ini bisa kalian lakukan jika kalian benar belum tahu cara mengetahui kartu BPJS kalian.

Kalian bisa saja langsung datang ke kantor BPJS dan menanyakan yang berkaitan dengan status kalian yang berada dalam layanan kartu Indonesia sehat atau dalam layanan BPJS ketenagakerjaan. Kalian bisa juga melakukan penonaktifan salah satunya dengan datang ke kantor BPJS.

Selain itu, kalian juga bisa melakukannya dengan pengecekan secara online. Selama Hp kalian tersambung dengan internet kalian bisa melakukan pengecekan di mana saja dan kapan saja.

Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara mengetahui nomor kartu BPJS kesehatan. Semoga bermanfaat dan memberi informasi baru mengenai kartu BPJS kesehatan yang kalian miliki, sekian.

Advertisements