Cek Data Pribadi Peserta BPJS Aktif Atau Tidak

Cek Data Pribadi Peserta BPJS Aktif Atau Tidak – BPJS sebagai lembaga yang menyediakan jaminan sosial di Indonesia membagi status kepesertaan anggotanya menjadi aktif dan tidak aktif. Pembagian tersebut didasarkan pada taatnya pengguna dalam membayar premi yang ditetapkan oleh pihak BPJS.

Karenanya sangat penting untuk melakukan cek data pribadi peserta BPJS. Apabila Anda taat dalam membayarkan premi maka status kepesertaan Anda akan aktif akan tetapi bila Anda tidak patuh dalam membayar premi maka status tidak aktif. Padahal status kepesertaan BPJS juga akan menentukan apakah Anda masih bisa memanfaatkan kartu BPJS atau tidak.

Cara Melakukan Pengecekan Status Kepesertaan Pengguna BPJS

Advertisements

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pengecekan status kepesertaan pengguna BPJS. Pasalnya, apabila Anda tidak mengetahui status kepesertaan maka Anda tidak bisa mengakses layanan kesehatan pada waktu yang mendesak sedangkan ternyata kartu BPJS Anda sudah tidak aktif.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk melakukan cek data pribadi peserta BPJS apakah masih aktif atau tidak. Berikut adalah cara untuk melakukan pengecekan status kepesertaan pengguna BPJS:

Cek Data Pribadi Peserta BPJS Aktif Atau Tidak

  • Via Website BPJS Online

Selanjutnya cara yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap status kepesertaan BPJS adalah dengan melalui website resmi dari BPJS itu sendiri.

Advertisements

Anda tinggal mengunjungi situs resmi dari BPJS, lalu mengisikan data-data yang diminta. Biasanya data yang diisikan berupa nomor kartu BPJS Anda dan tanggal lahir yang Anda miliki.

Jangan lupa untuk menggunakan link  BPJS checking. Lalu akan muncul data-data yang Anda butuhkan mulai dari status kepesertaan, jumlah iuran, maupun denda yang mungkin diterima akibat keterlambatan pembayaran BPJS.

  • Melalui Call Center BPJS

Kemudian langkah selanjutnya untuk mengetahui status kepesertaan BPJS yaitu dengan menggunakan call center BPJS. Cara ini juga sangat mudah untuk digunakan, apalagi bagi Anda yang tidak mengetahui internet.

Cara ini dilakukan dengan melakukan panggilan ke call center BPJS, atau menelepon 1500400 lalu utarakan maksud dan tujuan Anda. Jangan lupa sertakan nomor kartu BPJS juga.

  • Melalui SMS

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan adalah menggunakan SMS. Anda tinggal mengetikan format SMS yang sesuai untuk melakukan pengecekan status kepesertaan.

Anda dapat menggunakan nomor kartu BPJS, NIP, hingga nomor KTP. Formatnya ketik NOKA spasi nomor kartu BPJS, bisa juga dengan ketik NIP spasi nomor induk pegawai, atau dengan ketik NIK spasi nomor induk kependudukan kirim ke 087775500400.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS apakah aktif atau tidak. Mengingat keterkaitan hubungan antara status kepesertaan dengan dapat atau tidaknya Anda mengakses layanan kesehatan maka sangat perlu untuk melakukan pengecekan. Selamat melakukan cek data pribadi peserta BPJS, semoga bermanfaat.

Advertisements