Cek Nomor BPJS Kesehatan Berdasarkan NIK Aktif Atau Tidak

Cek Nomor BPJS Kesehatan Berdasarkan NIK Aktif Atau Tidak – Apakah Anda salah satu pengguna BPJS kesehatan? Nah artikel ini akan membahas tentang cek nomor BPJS kesehatan yang dilihat berdasarkan NIK masih aktif atau tidak.

BPJS merupakan badan penyelenggara jaminan sosial yang mengelola asuransi kesehatan nasional Indonesia jaminan kesehatan nasional jangka pendek. Ada dua macam BPJS yaitu BPJS untuk pekerja non karyawan atau pekerja mandiri, dan yang kedua yaitu BPJS untuk karyawan.

Dengan adanya BPJS kesehatan maka masyarakat di Indonesia seharusnya memperoleh jaminan kesehatan yang baik, tetapi karena banyaknya masyarakat yang belum mempunyai BPJS.

Advertisements

Cara Mengetahui Nomor BPJS Yang Masih Aktif

Bagi Anda yang telat membayar iuran BPJS dan membutuhkan pengobatan di rumah sakit tetapi tidak yakin nomor BPJS Anda masih aktif atau tidak, Anda harus cek nomor BPJS kesehatan Anda.

Bagi Anda yang rutin membayar iuran BPJS kesehatan, maka Anda tidak perlu ragu untuk berobat di rumah sakit karena nomor BPJS Anda pasti masih aktif. Bagi Anda yang ingin mengecek nomor BPJS, berikut ini adalah cara mengetahui nomor BPJS yang masih aktif yaitu :

Cek Nomor BPJS Kesehatan Berdasarkan NIK Aktif Atau Tidak

Advertisements
  1. Dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS kesehatan

Anda dapat mendapatkan aplikasi BPJS kesehatan dengan cara menginstal aplikasi tersebut di Hp Anda. Dengan adanya aplikasi BPJS kesehatan ini akan semakin memudahkan Anda karena bisa diakses di Hp Anda.

Sebelum Anda log in di aplikasi tersebut, Anda harus mendaftar aplikasi BPJS kesehatan dengan cara mengisi no. KTP, tanggal lahir, dan lain-lain. Melalui aplikasi BPJS kesehatan dapat digunakan untuk mengecek nomor BPJS Anda.

  1. Dapat melalui call center

Cara yang paling mudah untuk mengecek nomor BPJS yaitu menghubungi call center. Semua pertanyaan yang ingin Anda tanyakan dapat ditanyakan melalui call center. Call center BPJS kesehatan juga melayani pendaftaran.

  1. Melalui website

Anda dapat mengecek nomor BPJS kesehatan Anda melalui website dengan cara online. Jika Anda akan mengecek status kepesertaan melalui website dapat dilakukan dengan mudah tetapi Anda harus online.

  1. Via SMS

Mengecek nomor BPJS dapat melalui SMS dengan format khusus maka SMS Anda akan dibalas berupa informasi tentang nomor peserta BPJS Anda masih aktif atau tidak. Anda hanya mengirimkan nomor KTP dan menggunakan NIP bagi pegawai negeri sipil ke nomor BPJS kesehatan.

Demikian artikel mengenai cek nomor BPJS kesehatan dengan menggunakan NIK. Dengan adanya artikel ini diharapkan Anda dapat memahami cara untuk mengetahui nomor BPJS Anda masih aktif atau tidak.

Pengecekan nomor tersebut berguna untuk mengetahui apakah Anda masih menjadi peserta BPJS kesehatan yang masih aktif atau tidak. Ada banyak cara jika Anda tidak ingin ribet dalam mengecek nomor BPJS kesehatan Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Advertisements