Cek Nomor BPJS Kesehatan Dengan NIK

Cek Nomor BPJS Kesehatan Dengan NIK – Artikel kali ini akan membahas tentang cek nomor BPJS kesehatan menggunakan NIK. Mempunyai BPJS kesehatan sangatlah penting karena dengan adanya BPJS kesehatan sebagai jaminan kesehatan jika sewaktu-waktu Anda sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Sebagian besar masyarakat di Indonesia belum memiliki BPJS kesehatan dan akibatnya jika mereka sakit tidak bisa dibawa ke rumah sakit karena biayanya mahal.

Cara Mendaftar BPJS kesehatan

Biaya rumah sakit sekarang mahal dan jika kita tidak mempunyai BPJS kesehatan akan kesulitan dalam membayar biaya rumah sakit. Di kartu BPJS tertera nomor BPJS kesehatan yang berupa digit angka.

Advertisements

Jika kartu BPJS Anda hilang maka Anda harus segera lapor kepada pihak BPJS kesehatan dan BPJS akan mendata ulang diri Anda serta membuat kartu BPJS yang baru.

Cek Nomor BPJS Kesehatan Dengan NIK

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk cek nomor BPJS kesehatan jika kartu BPJS Anda rusak. Akan tetapi jika kartu Anda hilang maka Anda harus membuat kartu baru yang digunakan sebagai jaminan kesehatan Anda.

Suatu perusahaan harus mendaftarkan karyawannya untuk mendapatkan BPJS yang khusus untuk karyawan. Jika Anda bingung bagaimana caranya untuk mendaftar BPJS kesehatan, sekarang Anda tidak perlu bingung karena kami akan memberikan informasi cara mendaftar BPJS kesehatan yaitu :

Advertisements
  1. Anda harus menyiapkan dokumen

Dokumen yang harus Anda siapkan yaitu seperti kartu keluarga, kartu tanda penduduk, foto 3×4 sebanyak 2 foto, dan NPWP. Dokumen tersebut harus Anda bawa pada saat Anda akan mendaftar BPJS kesehatan.

Dokumen tersebut sifatnya pribadi dan rahasia dan Anda tidak perlu memberitahu data diri Anda ke orang lain karena sekarang banyaknya penipuan yang mengatasnamakan BPJS.

  1. Mengisi data diri

Pada tahap ini, Anda harus mengisi data diri Anda yang berguna untuk kartu BPJS Anda. Data diri yang diperlukan yaitu nama peserta BPJS, tanggal lahir peserta BPJS, alamat email, nomor telepon, alamat rumah, nomor rekening untuk membayar premi, dan lain-lain.

Pastikan data diri yang Anda isikan sesuai dengan KTP dan sesuai dengan KK. Anda juga dapat memilih rumah sakit atau klinik tempat Anda berobat agar memudahkan Anda untuk mendapatkan layanan BPJS. Selain itu juga Anda dapat memilih kelas rawat yang sanggup Anda bayar iurannya per bulan.

  1. Menunggu kartu BPJS jadi

Tahap terakhir yaitu Anda harus menunggu kartu BPJS Anda jadi dan Anda perlu mendatangi kantor BPJS untuk mengambil kartu tersebut. Kartu tersebut tidak akan jadi dalam waktu 1 hari karena membutuhkan waktu dalam proses pembuatan kartu tersebut.

Demikian artikel mengenai cek nomor BPJS kesehatan yang dapat Anda terapkan. Jika Anda merupakan anggota dari BPJS kesehatan maka Anda harus rutin membayar iuran BPJS per bulannya dan jangan sampai telat membayar karena akan dikenai denda.

Advertisements