Cek Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Panduan Lengkap

Cek Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan Panduan Lengkap –  Salah satu program dari pemerintah yang sedang digalakkan hingga saat ini yaitu program jaminan kesehatan nasional yang mana mengintegrasikan program BPJS dan Kartu Indonesia Sehat. Program tersebut dibagi menjadi dua jenis yaitu penerima bantuan iuran atau PBI dan non PBI.

Bagi Anda pengguna JKN-KIS tentu sangat penting untuk melakukan cek peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan untuk mengetahui status kepesertaan maupun hal-hal yang berkaitan dengan JKN-KIS lainnya. Lantas bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan JKN-KIS BPJS Kesehatan?

Panduan Lengkap Melakukan Cek Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan

Advertisements

Kemudahan untuk mengakses informasi melalui internet dimanfaatkan oleh pihak JKN-KIS untuk melayani pengguna program tersebut.

Atau dengan kata lain menyediakan layanan pelanggan yang memuat informasi maupun kebutuhan lain seperti cara untuk melakukan cek peserta JKN-KIS BPJS  Kesehatan melalui web.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan peserta JKN-KIS adalah dengan menggunakan mobile JKN. Berikut adalah uraian cara melakukan pengecekan peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi mobile JKN :

  • Download aplikasi mobile JKN pada gadget Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengunduh aplikasi mobile JKN ini pada Play Store maupun App Store.

Advertisements

Berbagai kelebihan dari fitur ini yaitu menu yang ditampilkan lengkap sehingga Anda tidak perlu untuk mendatangi kantor BPJS cabang terdekat. Hal ini tentu akan sangat mengefisienkan baik dari segi waktu maupun dari segi biaya.

  • Pilih fitur yang diinginkan

Langkah selanjutnya apabila Anda telah selesai melakukan pengunduhan mobile JKN yaitu buka aplikasi tersebut. Pada aplikasi mobile JKN terdapat berbagi menu yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk melakukan pengecekan anggota JKN-KIS BPJS Kesehatan maka Anda dapat memilih menu peserta.

Lalu masukan data yang dibutuhkan hingga muncul data yang Anda butuhkan misalnya besaran premi yang wajib dibayarkan, jumlah anggota keluarga yang tercover BPJS, denda yang harus dibayarkan, status kepesertaan, dan banyak lainnya.

  • Keluar dari aplikasi

Apabila Anda sudah selesai menggunakan aplikasi mobile JKN, maka Anda dapat keluar dari aplikasi tersebut. Ikuti notifikasi untuk keluar yang muncul pada tampilan mobile JKN.

Selain untuk melakukan cek peserta JKN-KIS pada aplikasi mobile JKN ini juga terdapat berbagai macam pilihan menu seperti menu info JKN, lokasi kantor BPJS, pengecekan virtual account, skrining riwayat kesehatan, kartu peserta, pengaduan keluhan, premi, catatan pembayaran, pelayanan, ubah data peserta, pendataran peserta, dan pengaturan. Sangat lengkap bukan? Anda tidak perlu lagi untuk mendatangi kantor BPJS tentunya.

Demikianlah cara untuk melakukan pengecekan anggota JKN-KIS menggunakan mobile JKN. Sangat mudah untuk dilakukan bukan? Selamat melakukan cek peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan, semoga bermanfaat.

Advertisements