Inilah Maksud Dari Klaim Sudah Siap Bayar BPJS

Masyarakat Indonesia sekarang mungkin sudah sangat akrab dengan BPJS TK atau dulu lebih dikenal sebagai Jamsostek (Jaminan Sosial Ketenagakerjaan). Namun, kebanyakan masyarakat masih familiar dengan istilah Jamsostek daripada BPJS TK.

Hal ini merupakan hal yang wajar karena pergantian nama ini baru terlaksana sejak tahun 2015 yang lalu. Salah satu program unggulan dari Jamsostek atau BPJS TK adalah program JHT (Jaminan Hari Tua).

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang beberapa hal yang menyangkut tentang pencairan dana JHT. Salah satu yang sering kita dengar adalah klaim sudah siap bayar BPJS.

Advertisements

Inilah Maksud Dari Klaim Sudah Siap Bayar BPJS

Inilah Maksud Dari Klaim Sudah Siap Bayar BPJS

Klaim Jaminan Hari Tua

Istilah klaim sudah siap bayar ini beberapa kalian temui ketika kalian hendak mengurus atau mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) dengan cara mengajukan klaim terlebih dahulu.

Klaim dana JHT dapat dilakukan melalui kantor cabang terdekat atau dengan mengajukan e-Klaim via website resmi BPJS TK.

Namun kendalanya sekarang adalah ketika kita sudah mengurus klaim dana JHT, kita harus sabar menunggu hingga kurang lebih 10 hari supaya dana tersebut bisa ditransfer ke nomor rekening yang sudah kita daftarkan.

Bagi beberapa orang, proses ini sangatlah lama hingga muncul banyak keluhan di sosial media.

  • Menunggu Proses Pencairan Dana

Jika status klaim sudah siap bayar, maka sebenarnya pencairan dana JHT kalian masih dalam proses. Dalam tahap ini, kita memang diwajibkan untuk menunggu.

Proses ini memakan waktu kurang lebih sekitar 10 hari. Namun, tak jarang prosesnya tidak sesuai dengan tanggal yang dijanjikan. Di internet, sudah banyak dijelaskan mengapa bisa terjadi hal ini.

Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini adalah membludaknya peserta yang mengajukan klaim JHT semenjak diberlakukannya PP No 60 Th 2015 dan Permenakertrans No 19 Th 2015 tentang BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini dijelaskan langsung oleh pihak BPJS TK saat membahas keluhan beberapa peserta yang mengadu di situs lapor.go.id milik pemerintah. Namun, mereka menjamin bahwa hak mereka tetap akan terpenuhi.

  • Dapat Dilaporkan

Jika kalian mengalami hal yang sama dengan yang dialami beberapa peserta BPJS TK tersebut. Kalian juga dapat melalukan hal serupa dengan menulis pengaduan kalian di situs lapor.go.id milik pemerintah.

Advertisements

Namun, kalian juga bisa melaporkannya langsung ke call center resmi milik BPJS TK dengan nomor 1-500-910. Jika masih terasa belum cukup puas, Kalian juga dipersilahkan datang langsung ke kantor cabang BPJS TK terdekat di kota kalian.

Masalah status klaim sudah siap bayar yang kemudian berujung dengan keterlambatan pencairan dana memang sering membuat kecewa para peserta BPJS TK. Karena beberapa dari mereka kadang membutuhkan dana untuk keperluan yang mendesak.

Namun keterlambatan seperti ini dapat diatasi dengan cara rajin untuk berkomunikasi dengan pihak yang berwenang, dalam hal ini BPJS TK. Rajin memantau akun BPJS TK kalian adalah salah satu cara untuk mengikuti setiap perkembangannya.

Apa Arti Klaim Sudah Siap Bayar?

Pernahkah Anda mengurus pencairan dana JHT, baik JHT untuk Anda pribadi atau mungkin milik orang tua? Ketika kalian pernah mengurus ini di kantor BPJS TK, Anda pasti sering mendengar istilah klaim sudah siap bayar.

Namun, apa sebenarnya maksudnya? Lalu, bagaimana cara kita menyikapinya? Di artikel ini, kita akan sedikit membahas tentang hal ini berdasarkan ulasan-ulasan yang ada di internet.

Pengajuan Klaim

Bagi peserta BPJS TK atau dulu akrab disebut Jamsostek, pengajuan klaim adalah salah satu cara mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT). Namun dalam proses pencairan ini, beberapa peserta Jamsostek atau BPJS TK menemui kendala yaitu dana yang tak kunjung cair. Padahal, mereka sudah lama mengurusnya.

Tak jarang, ketika mereka melihat ke website resmi BPJS TK, status klaim mereka masih tertulis klaim sudah siap bayar disertai dengan angka saldo kita yang masih utuh.

Jika kalian juga menemui hal yang serupa, maka dapat dipastikan bahwa dana JHT kalian belum ditransfer ke nomor rekening kalian karena masih dalam proses. Jika sudah berlarut-larut, lalu bagaimana cara menyikapinya? Berikut adalah beberapa cara menyikapi hal ini:

  • Pantau di Website Resmi

Dengan berkembang pesatnya media teknologi khususnya internet dan android, kalian sebenarnya tidak perlu mondar-mandir untuk mengurus hal ini. Banyak dari para peserta BPJS TK yang belum menggunakan fasilitas aplikasi mobile dan online dengan baik.

Padahal, jika kalian menggunakan ini baik-baik, kalian bisa memantau setiap perkembangan yang ada di klaim kalian. Ketika kalian login ke situs BPJS TK atau ke aplikasi BPJS TK Mobile, dan melihat saldo kalian masih utuh. Maka dapat dipastikan dana JHT kalian belum ditransfer atau dengan kata lain belum cair.

  • Adukan ke Pihak Yang Bersangkutan

Jika statusnya belum berubah dalam waktu yang lama. Maka kalian bisa mengadukannya langsung ke call center BPJS TK yaitu 1-500-910. Di sini, kalian kan dimintai beberapa data pendukung untuk keperluan pengecekan.

Namun, jika kalian juga dapat melakukan cara manual dengan datang langsung ke kantor cabang BPJS TK setempat. Namun, di sini kalian harus rela antri untuk bertemu dengan bagian Customer Service.  Kedua cara tersebut adalah beberapa opsi yang bisa kalian tempuh jika dana klaim tak kunjung cair.

Cara di atas adalah cara menyikapi status klaim yang tertulis “klaim sudah siap dibayar”. Hal yang bisa dilakukan dalam keadaan tersebut memang hanya menunggu.

Namun, bukan berarti kita harus pasrah kita dana JHT kita tidak kunjung cair. Tetaplah memantau akun kalian di website resmi BPJS TK adalah salah satu cara yang tepat untuk menyikapi hal ini. Apabila pencairannya terlambat, kalian juga punya hak untuk mengadukkannya ke pihak yang bersangkutan.

Advertisements