Jamsostek Tak Kunjung Cair, Ini Yang Perlu Anda Tau

Jamsostek Tak Kunjung Cair – Jamsostek atau sekarang lebih dikenal sebagai BPJS TK adalah salah satu program dari pemerintah untuk menyejahterakan  masyarakatnya.

Namun, ada beberapa hal yang belum banyak diketahui oleh masyarakat atau bahkan bagi peserta BPJS TK itu sendiri.

Terkadang, timbul berbagai masalah yang akhirnya membuat peserta BPJS TK menjadi bingung. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah dana Jamsostek yang terlambat cair.

Advertisements

Ini merupakan masalah yang sering dialami sebagian peserta BPJS TK. Bagi Anda yang belum tahu, ada beberapa faktor kenapa dana Jamsostek tak kunjung cair.

Faktor Penyebab Lambatnya Pencairan Dana Jamsostek

BPJS Ketenagakerjaan adalah suatu badan yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menjalankan sistem jaminan sosial yang berskala nasional.

Salah satu program unggulan dari Jamsostek atau BPJS TK adalah program JHT (Jaminan Hari Tua). Bagi beberapa orang, program inilah yang menjadi tujuan utama mendaftar di BPJS TK.

Kita bisa mendapatkan dana JHT ketika kita sudah melakukan klaim ke BPJS TK baik melalui kantor cabang langsung atau lewat e-Claim di website dan aplikasi BPJS TK.

Advertisements

Jamsostek Tak Kunjung Cair, Ini Yang Perlu Anda Tau

Biasanya, peserta harus menunggu selama kurang lebih 10 hari sebelum nantinya dana tersebut akan di transfer ke nomor rekening yang sudah kita daftarkan sebelumnya. Namun dalam prosesnya, dana tidak cair sesuai waktu yang dijanjikan.

Berikut ini beberapa alasan kenapa dana BPJS TK atau Jamsostek kunjung cair sesuai dengan tanggal yang dijanjikan:

  • Melonjaknya Jumlah Peserta

Sejak diberlakukannya PP Nomor 60 Tahun 2015 dan Permenakertrans Nomor 19 Tahun 2015, peserta BPJS TK yang mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) mengalami lonjakan yang cukup besar.

Hal ini adalah salah satu faktor terjadinya keterlambatan pencairan dana para peserta BPJS TK yang sudah mengajukan klaim baik secara manual atau via elektronik.

Dengan melonjaknya jumlah klaim peserta, maka secara langsung akan berpengaruh dengan lambatnya proses pelaksanaan pencairan tersebut.

Mungkin saja terjadi beberapa penumpukan data klaim peserta yang akhirnya membuat proses pencairan menjadi terlambat.

  • Bisa Dilaporkan

Keterlambatan pencairan dana ini merupakan kesalahan dari pihak BPJS TK. Beberapa orang cenderung akan menunggu proses yang berlarut-larut ini.

Namun, sebenarnya kita tetap bisa mengurusnya dengan cara melaporkan hal ini ke situs lapor.go.id. Situs ini merupakan situs resmi pemerintah yang gunanya untuk menampung laporan atau keluhan dari rakyatnya.

Di situs ini, sudah banyak laporan yang masuk tentang keterlambatan dana JHT dan sudah direspons baik oleh pihak BPJS TK. Selain situs ini, Anda juga dapat melaporkannya langsung ke call center BPJS TK 1-500-910 atau dengan datang ke kantor cabang BPJS TK terdekat.

Berikut adalah alasan kenapa dana Jamsostek tak kunjung cair. Jika Anda mengalami hal yang tidak mengenakan seperti kejadian di atas.

Selain hanya menunggu, Anda bisa melaporkannya ke beberapa pihak yang sudah disebutkan di atas. Karena pada dasarnya dana JHT adalah hak Anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisements