Mencari Nomor Kartu BPJS Yang Hilang Ini Solusinya

Mencari Nomor Kartu BPJS Yang Hilang Ini Solusinya – Bagi Anda pengguna BPJS tentu harus menjaga kartu BPJS yang dimiliki. Hal tersebut dikarenakan pada kartu BPJS terdapat identitas Anda sebagai pengguna BPJS yang penting misalnya nomor kartu BPJS, identitas diri, maupun faskes tempat pelayanan pertama.

Nomor kartu BPJS yang hilang merupakan salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna BPJS. Hilangnya nomor tersebut bisa dikarenakan kartu BPJS yang hilang ataupun karena nomor yang terhapus pada kartu.

Padahal nomor pengguna BPJS sangatlah penting karena berkaitan dengan terdaftarnya Anda pada BPJS. Lantas bagaimana cara mencari nomor kartu BPJS yang hilang?

Advertisements

Cara Mencari Nomor Kartu BPJS

Apabila Anda kehilangan nomor kartu BPJS tak perlu panik. Nomor kartu BPJS berkaitan dengan tanda bahwa Anda telah terdaftar sebagai anggota dari kartu BPJS, selain itu nomor kartu BPJS juga akan ditanyakan setiap kali Anda akan menggunakan kartu BPJS. Hal tersebut berkaitan dengan data pengguna BPJS tentunya.

Mencari Nomor Kartu BPJS Yang Hilang Ini Solusinya

Lantas mengingat pentingnya nomor kartu BPJS tersebut, maka sebagian orang pasti akan mengalami kekhawatiran ketika kehilangan nomor tersebut.

Tetapi sebenarnya Anda tak perlu khawatir karena ada cara untuk mencari nomor kartu BPJS yang hilang berikut adalah uraiannya:

Advertisements
  • Gunakan kartu anggota BPJS yang lainnya dalam satu keluarga

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika kehilangan nomor kartu BPJS adalah Anda dapat menggunakan kartu BPJS milik anggota lain dalam satu keluarga Anda.

Lalu selanjutnya Anda dapat melakukan cek pembayaran tagihan pada akun resmi BPJS Kesehatan. Sebenarnya ini merupakan cara untuk mengecek jumlah pembayaran BPJS tetapi dapat juga digunakan untuk mencari nomor kartu BPJS Anda yang hilang.

  • Isilah data-data yang diperlukan

Selanjutnya setelah Anda memasuki website resmi BPJS untuk melakukan pengecekan pembayaran, Anda dapat mengisi data-data yang diperlukan. Data yang diperlukan biasanya terdiri dari nomor kartu BPJS, tanggal lahir dan angka validasi.

Pada data nomor kartu BPJS dan tanggal lahir isilah menggunakan data yang tertera pada kartu BPJS salah satu keluarga Anda. Lalu untuk angka validasi, Anda dapat melihat dan mencantumkan sesuai dengan yang ada pada website.

  • Tekan tombol cek pada layar lalu menunggu data yang akan ditampilkan

Setelah selesai melakukan pengisian data yang diperlukan maka langkah selanjutnya yaitu dengan menekan tombol cek pada layar monitor.

Lalu tunggulah hingga beberapa saat sampai data akan ditampilkan. Biasanya data yang ditampilkan berupa identitas peserta, jenis kepesertaan, identitas anggota keluarga berikut dengan nomor kartu BPJS, termasuk denda dan jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan.

Demikianlah cara untuk mencari nomor BPJS yang hilang. Sangat mudah bukan? Anda dapat mengaplikasikannya untuk mencari nomor kartu BPJS yang hilang maupun melakukan pengecekan pembayaran, semoga bermanfaat.

Advertisements