Panduan Lengkap Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Mobile

Panduan Lengkap Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Mobile – BPJS Ketenagakerjaan atau biasa disingkat dengan BPKSTK adalah sebuah program jaminan sosial dari pemerintah yang diperuntukkan kepada semua warga negara yang berstatus sebagai pekerja.

Sejak 1 Januari 2014, pemerintah telah mewajibkan kepada seluruh perusahaan untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta BPJSTK. Nah, saat ini pengecekan saldo BPJS sudah mulai dipermudah. Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan mobile bisa Anda lakukan sendiri.

pengecekan secara mobile ini maksudnya Anda bisa mengecek lewat smartphone Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengantri dan ijin jam kerja hanya untuk mengecek saldo BPJS di kantor BPJS.

Advertisements

Berikut Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Mobile

Bagi Anda yang belum mengetahui informasi ini, ini merupakan teknologi baru untuk memudahkan para peserta BPJS. Bagaimana caranya?

Untuk menikmati fitur BPJSTK mobile ini Anda hanya butuh 3 persiapan yang harus Anda butuhkan yaitu gadget, alamat email dan koneksi internet.

Setelah itu, Anda bisa download aplikasi BPJSTK mobile lewat fitur Play Store (Android) atau sesuai dengan layanan smartphone Anda. ada beberapa fitur yang dapat Anda nikmati di BPJSTK mobile antara lain.

Panduan Lengkap Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Mobile

  • Anda dapat mengecek saldo Jaminan Hari Tua (JHT) terbaru.
  • Anda dapat menghitung simulasi saldo JHT Anda setiap tahun masa kerja.
  • Mendapatkan informasi mengenai kantor cabang BPJSTK di wilayah Indonesia.
  • Anda dapat mendaftar program-program yang ada di BPJS ketenagakerjaan.

Bila Anda telah mendapatkan aplikasi dan memasangnya di gadget Anda, setelah itu Anda buka aplikasi yang terpasang tersebut. Anda ingin cek saldo BPJS ketenagakerjaan mobile?

Advertisements

Panduan Lengkap Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Mobile

Ikuti langkah berikut ini.

  • Untuk pertama kalinya membuka aplikasi tersebut, akan ada tampilan berupa syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi BPJSTK mobile. Anda bisa membacanya dan memahami syarat dan ketentuannya dengan cara menggeser layar. Setelah Anda yakin dan paham, maka klik tombol “saya setuju” dan “terima”.
  • Langkah berikutnya adalah aktivasi dengan memasukkan nama lengkap Anda dan alamat email. Setelah itu, Anda akan menerima pesan email berupa 6 digit nomor PIN. Masukkan ke kolom konfirmasi lalu KIRIM. akan ada notifikasi bila konfirmasi PIN telah berhasil.
  • Kemudian masuk lagi dengan PIN yang sama.
  • Tidak lupa untuk menyiapkan kartu BPJSTK Anda. dan klik Layanan JHT, lalu ke Saldo JHT. Setelah itu Anda masukkan nomor telepon Anda yang aktif. Kemudian Anda akan dikirim kode konfirmasi berupa SMS ke nomor Anda.
  • Lalu, masukkan data BPJSTK Anda sesuai dengan data yang ada pada registrasi cek JHT.
  • Lalu Anda akan menerima pesan konfirmasi.
  • Masuk ke halaman layanan JHT, masukkan nomor KPJ dan nomor PIN Anda lalu klik KIRIM.
  • Setelah itu akan muncul informasi saldo terakhir Anda dengan rincian data lengkap Anda.

Demikian cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan mobile yang dapat Anda lakukan secara mandiri lewat gadget Anda.

Advertisements