Surat Rujukan BPJS Bisa Dipakai Berapa Kali Ya?

Surat Rujukan BPJS Bisa Dipakai Berapa Kali Ya? – Artikel kali ini akan membahas mengenai jangka waktu pemakaian surat rujukan BPJS yang perlu Anda ketahui ketika hendak menggunakan layanan di fasilitas kesehatan.

Penggunaan asuransi kesehatan saat ini merupakan hal yang wajib bagi seluruh warga negara Indonesia. Pemerintah menargetkan pada tahun 2019 mendatang, 100 persen warga negara Indonesia telah menjadi peserta dari BPJS kesehatan.

Gunakan Surat Rujukan BPJS Anda dengan Bijak

Advertisements

Salah satu syarat dari pemakaian kartu BPJS adalah harus mendatangi fasilitas layanan tingkat pertama atau layanan primer terlebih dahulu.

Ketika penyakit yang Anda derita terdiagnosis cukup berat dan membutuhkan pelayanan lebih lanjut maka Anda akan dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat selanjutnya.

Surat Rujukan BPJS Bisa Dipakai Berapa Kali Ya?

Surat rujukan menjadi salah satu hal wajib yang harus Anda bawa ketika melakukan rujukan. Berikut ini beberapa fakta mengenai surat rujukan BPJS yang perlu Anda ketahui.

  • Hanya Bisa Didapatkan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Prosedur pelayanan kesehatan yang telah ditentukan oleh pihak BPJS yaitu harus mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama atau primer terlebih dahulu.

Fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu puskesmas, klinik Pratama, dokter pribadi, dan sebagainya yang telah bekerja sama dengan pihak BPJS.

Advertisements

Ketika Anda hendak melakukan pengobatan di rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan sekunder maka perlu adanya indikasi medis dari dokter di fasilitas kesehatan primer yang mendukung Anda untuk melakukan rujukan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya surat rujukan kepada rumah sakit tertentu.

  • Surat Rujukan Hanya Bisa Dipakai 1 Kali

Surat rujukan ini hanya bisa digunakan sebanyak 1 kali dengan 1 indikasi medis yang telah diperiksa oleh dokter di fasilitas kesehatan primer.

Oleh karena itu jangan sekali-kali mencoba datang ke rumah sakit dengan surat rujukan yang pernah Anda gunakan sebelumnya karena bisa jadi klaim Anda tidak akan diakui oleh BPJS.

  • Masa Berlaku Surat Rujukan Ini Terbatas Loh

Surat rujukan untuk BPJS kesehatan hanya bisa Anda gunakan tiga puluh hari setelah dikeluarkan oleh fasilitas kesehatan primer.

Jadi bagi Anda yang hendak melakukan rujukan ke rumah sakit maksimal dalam jangka waktu 1 bulan untuk menggunakan surat rujukan tersebut.

Jadi usahakan Anda langsung mendatangi rumah sakit yang telah ditunjuk agar masalah kesehatan Anda pun cepat terselesaikan.

Sebagai peserta dari badan penyelenggara jaminan kesehatan, Anda harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Oleh karena itu sebelum melakukan pendaftaran Anda perlu membaca dan memahami dengan baik syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS kesehatan.

Ketika Anda tidak memenuhi syarat maka klaim Anda menyangkut biaya atas pembayaran biaya kesehatan malah tidak akan diakui. Demikian artikel mengenai serba-serbi dan fakta dari surat rujukan BPJS yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Advertisements