Syarat – Syarat Mengurus Surat Rujukan Di Puskesmas

Syarat Mengurus Surat Rujukan Di Puskesmas – Artikel kali ini akan membahas mengenai beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar bisa mendapatkan surat rujukan di puskesmas. Seperti yang telah Anda ketahui ketika mendaftar menjadi peserta BPJS kesehatan, ada persyaratan tertentu yang harus Anda penuhi ketika hendak menggunakan BPJS kesehatan.

Begitu pula ketika hendak melakukan akses ke pelayanan kesehatan tingkat kedua, Anda juga harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan.

Kenali Fasilitas Kesehatan yang Ada di Indonesia

Advertisements

Fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia jumlahnya sudah sangat banyak untuk dapat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang ada di Indonesia.

Syarat – Syarat Mengurus Surat Rujukan Di Puskesmas

Terdapat beberapa jenis dan tingkatan fasilitas kesehatan yang dibagi oleh pihak BPJS, yaitu :

  • Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menjadi salah satu tempat yang harus Anda datangi pertama kali ketika mengalami sakit. Fasilitas kesehatan ini terdiri dari puskesmas, klinik Pratama, dokter pribadi serta keluarga, dan sebagainya. Informasi mengenai fasilitas kesehatan tingkat pertama ini akan tertera pada kartu BPJS kesehatan yang Anda miliki. BPJS kesehatan memiliki tujuan untuk pemanfaatan secara optimal fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ada di Indonesia sehingga ketika Anda hendak berobat harus melalui fasilitas kesehatan tingkat pertama ini.
  • Fasilitas kesehatan tingkat kedua yang terdiri dari rumah sakit dengan surat rujukan di puskesmas sebagai contoh fasilitas kesehatan tingkat pertama. Apabila indikasi penyakit yang Anda derita dalam kondisi yang cukup parah dan memerlukan penanganan khusus, maka dokter akan membuat surat rujukan agar Anda bisa melakukan pengobatan dengan klaim dari BPJS kesehatan.
  • Fasilitas kesehatan tingkat lanjut menjadi fasilitas kesehatan pusat yang biasanya terdiri dari rumah sakit tipe A dengan berbagai fasilitas lengkap yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit.

Penuhi Syarat-Syarat yang Telah Ditetapkan Oleh Pihak BPJS untuk Mendapat Surat Rujukan

Saat Anda hendak mengajukan permohonan untuk mendapat surat rujukan, perlu ada beberapa syarat yang Anda penuhi terlebih dahulu. Persyaratan ini dapat Anda bawa ketika pergi ke fasilitas kesehatan tingkat pertama yang tertera pada kartu BPJS kesehatan yang Anda miliki.

Advertisements

Anda juga harus memenuhi beberapa ketentuan yang telah diatur oleh pihak BPJS yaitu surat rujukan dibuat berdasarkan perintah dari dokter. Jadi Anda tidak berhak untuk meminta surat rujukan jika tidak ada indikasi medis yang ditemukan oleh dokter.

Biasanya akan ada kode tertentu jika surat rujukan tersebut berdasarkan permintaan dari pasien. Surat rujukan bisa Anda dapatkan di fasilitas kesehatan tingkat pertama, kecuali ada kejadian gawat darurat yang mengharuskan pasien langsung masuk ke UGD.

Terdapat 144 diagnosa penyakit yang bisa ditangani oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama, di luar jumlah tersebut berhak mendapatkan surat rujukan. Baca juga di sini: Bagaimana Cara Menggunakan Surat Rujukan BPJS Online. 

Berikut ini beberapa syarat untuk mendapat surat rujukan di puskesmas yang perlu Anda bawa.

  • Kartu keluarga yang telah di foto kopi
  • Kartu kepesertaan BPJS yang masih berlaku dan sudah di foto kopi
  • Kartu tanda penduduk yang sudah di foto kopi.
Advertisements