Cara Cek Pembayaran Bpjs Ketenagakerjaan 2019

Cara Cek Pembayaran Bpjs Ketenagakerjaan – Dalam BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa kebijakan baru yang dibuat untuk menindak lanjuti adanya peraturan baru dalam Undang-undang No. 40 Tahun 2004 terkait sistem yang diberlakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Disitu menjelaskan utamanya tentang layanan dan besaran iuran yang harus dibayarkan oleh para peserta pengguna BPJS tersebut.

Dari situ muncul beragam kemudahan cara cek pembayaran bpjs ketenagakerjaan yang meliputi iuran Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Jaminan Kematian (JKM), dan Program Jaminan Pensiun.

Advertisements

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah bahwa iuran atau tagihan yang dibebankan pada peserta BPJS Ketenagakerjaan tahun 2018 ini adalah sekitar 9,24%.

Di mana untuk 3% dari nominal itu dibayarkan oleh pekerja dan sisanya yakni sekitar 6,24% dibayarkan oleh pihak yang memberikan pekerjaan.

Jika Anda pernah melakukan pengecekan saldo pada kartu BPJS Ketenagakerjaan, mungkin cara yang hampir sama dapat Anda gunakan untuk mengetahui tagihan iuran yang belum atau sudah dibayarkan.

Cara Cek Pembayaran Bpjs Ketenagakerjaan

Anda mungkin tidak akan telat membayarkan iuran, tapi terkadang pihak tempat Anda bekerja terlambat atau lupa membayarkan sebagian yang lain.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengunjungi atau pergi ke kantor BPJS yang memakan waktu. Bayangkan jika Anda harus mengambil nomor antrean dan menunggu banyaknya peserta penerima jaminan hanya untuk mengetahui apakah iuran Anda sudah dibayarkan atau belum oleh pihak kantor atau tempat bekerja.

Advertisements

Hal itu tentu akan merepotkan dan memakan waktu yang lama. Kabar baiknya adalah sekarang sudah ada beberapa cara cek pembayaran bpjs ketenagakerjaan. Adapun cara-cara tersebut antara lain:

  1. Menggunakan layanan aplikasi BPJSTK Mobile

Di era digital saat ini, telah banyak pengembangan layanan yang menggunakan aplikasi digital untuk mempermudah pengguna dalam melakukan sebuah transaksi, termasuk pihak BPJS Ketenagakerjaan. Dalam hal ini, pihak BPJS meluncurkan BPJSTK Mobile yang dapat diunduh melalui aplikasi Google Play Store.

Di aplikasi ini para pekerja tinggal memasukkan nama dan ID untuk dapat masuk ke akun BPJS miliknya, sehingga beberapa menu layanan dapat dibuka, termasuk untuk mengecek pembayaran.

2.   Menggunakan ATM

Jika Anda pengguna ATM, utamanya BNI, maka ada kemudahan baru untuk dapat mengecek saldo, dan juga iuran atau tagihan, yakni dengan menggunakan ATM tersebut kapanpun dan di manapun.

3.  Menggunakan jasa SMS

Ketika menggunakan layanan Sms untuk mengetahui pembayaran yang telah dilakukan, Anda cukup ketik DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor ID lalu kirim ke nomor 2757. Kenapa demikian?

Karena dengan hanya mengetik saldo, Anda akan mendapatkan banyak data berupa total saldo terakhir, dan juga iuran atau tagihan yang dimiliki.

Jadi, tidak perlu bingung bagaimana cara cek pembayaran bpjs ketenagakerjaan, karena telah banyak cara yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisements