Cara Mengecek Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bagaimana Ya?

Cara Mengecek Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan – Setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang terdaftar akan mendapatkan kartu anggota aktif.

Jika sewaktu-waktu terjadi hal seperti tunggakan iuran bulanan, pindah tempat kerja ataupun mengalami PHK, tentunya Anda perlu mengetahui informasi status keaktifan Anda sebagai anggota.

Lalu cara mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagaimana ya? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna memastikan kepesertaan Anda masih aktif atau tidak.

Advertisements

Cara Mengecek Status Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Bagaimana Ya?

  1. Menelepon call center BPJS

Dengan menghubungi nomor telepon call center 1500400, Anda bisa bertanya secara langsung mengenai status kepesertaan Anda.

Anda akan diminta menyebutkan KPJ yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan lalu dalam hitungan menit Anda sudah mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan.

Selain itu, layanan call center ini juga tersedia untuk berbagai keperluan akan informasi seputar BPJS lainnya.

  1. Kirim Pesan SMS Gateaway

Mengirim pesan melalui SMS Gateaway tergolong sangat mudah, pasalnya Anda hanya perlu mengetikkan pesan singkat dengan format: STATUS<spasi>TK#NOMOR PESERTA BPJS.

Lalu kirim ke nomor 2757, selanjutnya Anda akan mendapat balasan sms berupa status kepesertaan sebagai anggota masih aktif atau non-aktif.

  1. Buka melalui aplikasi BPJSK mobile

Berikutnya cara mengecek status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagaimana ya?Sistem pengecekan dengan aplikasi BPJSK bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

Advertisements
  • Download aplikasi BPJSK
  • Masukkan email dan PIN Anda jika telah memiliki akun BPJS online, jika tidak Anda pun bisa mengikuti langkah-langkah registrasi dengan mengisi data dan verifikasi melalui email.
  • Cari menu cek status anggota dan masukkan kode 11 digit di kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda. Selanjutnya akan muncul keterangan yang menyatakan kartu Anda masih aktif atau tidak.
  1. Membuka website resmi BPJS Ketenagakerjaan

Mengakses informasi dari website BPJS hampir sama dengan tahapannya dengan menggunakan aplikasi BPJSK mobile. Anda cukup login dengan email dan PIN lalu cek status keanggotaan dengan mengklik menu cek kartu di laman website.

Di laman ini juga Anda akan mendapatkan keterangan terperinci berkaitan dengan status kepesertaan, jika Anda baru pindah tempat kerja atau jika terjadi penunggakan pembayaran, maka Anda bisa mendapatkan rincian iuran yang harus dibayar agar kepesertaan Anda aktif kembali.

Begitu pula jika Anda baru saja, pembayaran pertama baru bisa dilakukan setelah 14 hari, maka selama jeda masa itu status kepesertaan Anda adalah non-aktif.

  1. Mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan bertanya langsung kepada petugas di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Anda akan diminta menunjukkan kartu BPJS kemudian petugas akan memberikan semua informasi terkait status kepesertaan Anda.

Begitu pula jika Anda bermaksud mengaktifkan status kepesertaan anda kembali, Anda pun bisa meminta bantuan petugas untuk membuka blokirnya, jika terkait penunggakan iuran bulanan tentunya setelah Anda melunasi sejumlah bulan yang tidak dibayarkan.

Masyarakat yang bertanya cara mengecek kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagaimana ya?, tidak akan bingung.

Dengan adanya beragam pilihan dan kemudahan untuk mengetahui status kepesertaan anggota BPJS, tentunya akan menjadikan performa layanan yang bisa didapatkan semua lapisan masyarakat ini semakin baik dan berkualitas.

Advertisements