Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang – Ketika Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan hilang, maka Anda pun mengalami kesulitan mengisi nomor KPJ di website BPJS.

Selain tidak bisa login ke akun, tentunya Anda juga tidak bisa mengecek saldo maupun mengajukan klaim secara online.

Anda perlu memperhatikan cara mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang agar permasalahan bisa diselesaikan.

Advertisements

Cara Mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan yang Hilang

  1. Mintalah arsip data Anda sebagai peserta BPJS di perusahaan

Sebagai pihak yang menanggung 3,7 % iuran bulanan keanggotaan, biasanya perusahaan memiliki data tenaga kerja mencakup nomor kartu Anda.

Laporkan secara tertulis bahwa kartu Anda hilang, perusahaan akan memberikan surat pengantar berisi data diri Anda beserta keterangan bahwa KPJ Anda hilang yang ditandatangani dan terdapat stempel resmi perusahaan.

Surat pengantar ini yang selanjutnya Anda bawa ke kantor kepolisian untuk pelaporan kehilangan kartu KPJ. Namun, jika perusahaan tidak memiliki arsip nomor BPJS maka Anda harus datang langsung ke kantor BPJS untuk meminta keterangan nomor virtual account Anda.

  1. Pengecekan nomor KPJ di kantor BPJS Ketenagakerjaan

Anda bisa meminta bantuan pengecekan nomor KPJ kepada petugas di bagian layanan pelanggan sebagai cara mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan yang hilang. Petugas akan meminta data-data terkait pendaftaran Anda sebelumnya seperti nama perusahaan, nomor KTP Anda, nomor telepon dan alamat email.

Selanjutnya petugas akan memberikan keterangan nomor KPJ Anda yang harus dituliskan di laporan kehilangan dari kepolisian.

Advertisements

Lampirkan berkas berisi data dan keterangan terkait keanggotaan BPJS Anda sebagai bukti bahwa nomor yang tertera adalah benar sesuai dengan identitas Anda.

  1. Membuat laporan kehilangan kartu KPJ di kepolisian

Laporkan perihal hilangnya kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda sesegera mungkin di kepolisian terdekat. Anda harus menjawab beberapa pertanyaan terkait hilangnya kartu seperti lokasi dan waktunya, nama perusahaan hingga data diri Anda.

Kepolisian akan menerbitkan surat keterangan kehilangan kartu KPJ dengan stempel resmi untuk digunakan sebagai pengantar pengajuan duplikasi kartu di kantor BPJS.

  1. Pengajuan duplikasi kartu di kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara selanjutnya adalah melalui duplikasi kartu agar Anda bisa menggunakannya untuk keperluan pengecekan saldo maupun klaim. Untuk mendapatkan kartu duplikat BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus melengkapi beberapa berkas yakni:

  • Foto copy KTP
  • Foto copy Kartu Keluarga
  • Surat pengantar dari kepolisian
  • Surat pengantar dari Perusahaan yang menyatakan bahwa Anda masih bekerja
  • Surat pengantar berisi pernyataan KPJ hilang

Serahkan semua berkas kepada petugas dan tunggulah beberapa saat karena data Anda akan langsung diproses untuk duplikasi kartu. Setelah itu Anda pun akan mendapatkan kartu baru yang tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda di bagian depannya.

Dengan memahami cara mengetahui kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang, Anda pun bisa mengakses kembali laman situs resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Setelah menginput data nomor virtual account yang tertera di kartu duplikat, Anda bisa login seperti sebelumnya untuk mendapatkan informasi dan layanan e-service BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisements