No. KPJ Tidak Terdaftar, Kenapa Ya?

No. KPJ Tidak Terdaftar – KPJ atau nomor kepesertaan BPJS ketenagakerjaan biasanya terletak di bagian bawah kartu. Di dalam mengaksesnya, Anda pasti pernah mengalami beberapa kasus,salah satunya adalah nomor KPJ tidak terdaftar. Jika terjadi hal tersebut pasti sangat menyusahkan karena Anda harus segera mengurusnya.

Ada beberapa alasan kenapa terjadi hal tersebut. Beberapa orang pasti bertanya-tanya No. KPJ tidak terdaftar, kenapa ya? Apakah berbahaya? Atau normal-normal saja? Berikut alasannya.

No. KPJ Tidak Terdaftar, Kenapa Ya?

  1. Sistem Eror

Alasan nomor KPJ Anda tidak terdaftar yang paling sering terjadi adalah karena sistemnya eror. Sistem eror tersebut biasanya disebabkan oleh terlalu banyak yang mengakses sehingga terjadi masalah. Hal ini sudah sangat biasa karena sebuah sistem itu sangat rentan akan eror.

Advertisements

Jika terjadi masalah seperti ini, Anda tidak perlu khawatir karena sesudah sistem kembali normal, nomor KPJ Anda akan pulih dan terdaftar lagi.

  1. Data yang Diinput Tidak Sesuai

Terkadang ketika Anda memasukkan data, ada semacam kekeliruan yang mungkin tidak Anda sadari. Seperti salah memasukkan ID, nama, atau password. Hal ini menyebabkan nomor KPJ tidak terdaftar karena ada perbedaan data yang Anda masukkan dan data yang memang sudah ada di sistem.

Oleh karena itu, Anda harus teliti terhadap setiap data yang dimasukkan. Bisa jadi alasan nomor KPJ tidak terdaftar adalah karena data yang Anda masukkan tidak sesuai.

Advertisements

Jika mempunyai data baru yang sekiranya harus diupdate, maka Anda diwajibkan memperbarui data karena hal itu dapat berdampak nantinya, misal nomor telepon, nomor rekening, nomor KK,dan lain-lain.

  1. Terlambat Membayar Iuran

No. KPJ tidak terdaftar, kenapa ya? Mungkin salah satu alasannya adalah karena Anda tidak membayar iuran tepat waktu. Kapan seharusnya Anda iuran? Yaitu sesuai yang sudah dijadwalkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan yaitu setiap bulan sebelum tanggal 10. Anda juga diberikan toleransi 3 bulan keterlambatan.

Jika lebih dari itu Anda masih juga tidak membayar iuran maka sejumlah konsekuensi akan Anda dapat termasuk tidak bisa mengakses BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa diantaranya ditandai dengan nomor KPJ tidak terdaftar dalam sistem.

Jika merasa mengalami hal seperti di atas, maka tidak usah khawatir. Berarti Anda sudah tahu mengapa nomor KPJ tidak terdaftar. Anda hanya harus memperbaiki kesalahan atau menunggu pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbaiki sistemnya.

Jika Anda merasa baik-baik saja, data sudah benar, tidak eror dan rajin membayar iuran tapi No. KPJ tidak terdaftar, kenapa ya? Mungkin Anda harus segera menanyakan langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Kenapa harus? Karena jika tidak diurus secepatnya, kemungkinan nomor KPJ yang dimiliki akan benar-benar hilang. Anda tentu tidak menginginkan hal itu terjadi. Oleh karena itu, sebagai pemilik KPJ haruslah berhati-hati.

Advertisements