Apa Syarat dan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

Apa Syarat dan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online – Jika Anda adalah seorang pegawai yang bekerja di badan usaha resmi, maka sudah otomatis terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Badan ini merupakan salah satu kebijakan negara untuk melindungi tenaga kerja dan menjamin kehidupan sosialnya di hari tua.

Berbeda dengan regulasi sebelumnya, sekarang Anda bisa mengklaim saldo BPJS Ketenagakerjaan sebelum memasuki masa pensiun. Apa syarat dan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online?

Advertisements

Anda harus memiliki akun di situs resmi BPJS ketenagakerjaan

Akun yang dibuat adalah di alamat http://sso.bpjsketenagakerjaan.co.id/registrasi.bpjs. Tampilan yang akan muncul mengharuskan Anda melakukan regitrasi terlebih dahulu.

Bagian yang wajib Anda isi adalah nomor KPJ yang aktif, nama, tanggal lahir, nomor induk kependudukan yang tercantum pada e-KTP, nama ibu kandung, nomor telepon aktif, serta alamat surel (email). Isikan data dengan lengkap dan pastikan jangan salah.

Apa Syarat dan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

  1. Cek kotak masuk email

Pihak BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim kode aktivasi secara otomatis yang harus Anda masukkan pada kolom registrasi. Jika kode sudah Anda terima, masukkan kode lalu klik “submit”.

  1. Pilih e-klaim JHT (Jaminan Hari Tua)

Setelah berhasil registrasi, maka tampilan akan merujuk pada layanan pribadi atau personal service. Pilih e-Klaim JHT jika Anda akan melakukan klaim untuk pencairan JHT.

Advertisements
  1. Isi data untuk mengajukan klaim

Pilih “KPJ” pada bagian pilihan Kartu Peserta BPJS. Pada bagian Pilihan Aksi, pilih “Pengajuan klaim”. Lalu pada jenis klaim, Anda bisa menentukan sendiri sesuai kondisi Anda.

Jika mengundurkan diri, maka pilih mengundurkan diri. Klik “Submit” setelah memastikan bahwa pilihan Anda sudah benar. Pada bagian informasi Transaksi”, pilih lanjutkan.

  1. Menunggu PIN

PIN akan dikirim melalui surel (email) atau melalui SMS ke nomor ponsel Anda. Jika sudah menerima nomor PIN, masukkan pada formulir yang tampil setelah halaman pengajuan klaim elektronik.

  1. Isi data rahasia

Data rahasia yang dimaksud adalah nomor rekening dan nama bank tujuan Anda. Anda tidak boleh keliru bahkan satu angka pun karena akan berakibat fatal.

Tentu Anda tidak ingin saldo Anda masuk ke rekening orang lain karena kesalahan sendiri, bukan? Pastikan sesuai dengan data yang Anda miliki, lalu cek ulang.

  1. Validasi klaim

Setelah mengajukan klaim, maka saldo tidak langsung masuk ke dalam rekening Anda. Setidaknya, Anda perlu menunggu selama satu minggu setelah semua yang menjadi apa syarat dan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online berhasil.

Fasilitas e-klaim BPJS dihadirkan oleh pemerintah untuk mempermudah proses klaim. Jika apa syarat dan cara klaim BPJS Ketenagakerjaan online terpenuhi, maka Anda tidak lagi repot mengantri seharian yang melelahkan dan menghabiskan waktu. Tidak perlu menunggu dan proses yang lama, dana segar segera masuk ke dalam rekening Anda.

Advertisements