Syarat dan Cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Mengundurkan Diri Apa ya?

Syarat dan Cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Mengundurkan Diri Apa ya? – Setiap perusahaan yang mendaftarkan perusahaannya di BPJS, tentu karyawan dan pegawainya akan mendapatkan BPJS ketenagakerjaan.

BPJS ketenagakerjaan menyediakan berbagai layanan jaminan sosial bagi para pekerja yang mendapatkannya. Syarat dan cara eklaim BPJS ketenagakerjaan bagi yang mengundurkan diri apa ya?

Beberapa orang memilih untuk mengundurkan diri dari perusahaan dikarenakan sesuatu hal sehingga ia harus mencairkan BPJS nya.

Advertisements

Setelah mengundurkan diri dari pekerjaan, Anda juga harus mengetahui syarat e-klaim sebelum mengajukan permohonan. Berikut beberapa syarat-syarat dan prosedur e-klaim BPJS ketenagakerjaan:

Syarat dan Cara eKlaim BPJS Ketenagakerjaan Bagi yang Mengundurkan Diri Apa ya?

  1. Membuat akun pada situs BPJS ketenagakerjaan

Setelah mengetahui persyaratan e-klaim BPJS, langkah selanjutnya adalah membuat akun pada web resmi BPJS ketenagakerjaan. Isi data pribadi dengan lengkap dan benar berdasarkan isian formulir yang diminta.

Setelah selesai mengisi data, maka Anda akan menerima email dengan konten formulir Anda yang berisi kode aktivasi. Kode tersebut digunakan untuk aktivasi akun BPJS ketenagakerjaan.

Submit kode tersebut kemudian Anda akan menuju langkah selanjutnya.

  1. Pilih menu e-klaim BPJS

Syarat dan cara eklaim BPJS ketenagakerjaan bagi yang mengundurkan diri apa ya? Yaitu setelah mengisi berbagai data pribadi, maka Anda dapat memilih berbagai menu yang akan Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Advertisements

Pilihlah menu e-klaim apabila Anda ingin mengajukan pencairan dana BPJS. Pilih menu klaim JHT jika ingin mengajukan dana JHT Anda.

Isi data pada form e-klaim dimana Anda akan mengisi beberapa pilihan. Kemudian pilih jenis klaim yang sesuai dengan kondisi Anda.

Misalnya Anda mengundurkan diri, maka Anda pilih menu tersebut. Kemudian submit form, jangan lupa untuk memperhatikan pada bagian informasi transaksi.

  1. Konfirmasi PIN dan pilihan pencairan

Setelah Anda melakukan pengisian pada form e-klaim, maka selanjutnya menunggu konfirmasi PIN dari pihak BPJS yang akan dikirimkan melalui SMS ke ponsel Anda. Kemudian Anda akan menuju laman form pengajuan e-klaim.

Disana Anda akan mengisi data yang menyangkut nomor rekening serta nama bank. Setelah itu upload berbagai dokumen pendukung lain yang diperlukan. Apabila telah selesai, maka Anda akan memperoleh email berisi data Anda yang akan divalidasi melalui cabang kantor BPJS.

Proses validasi ini biasanya berlangsung selama satu minggu. Saat Anda datang ke kantor BPJS, bawalah seluruh dokumen sesuai dengan form yang diisi. Apabila ternyata Anda ditolak dalam mengajukan e-klaim, kemungkinan dokumen yang Anda bawa kurang lengkap.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa dengan mengundurkan diri, maka Anda harus membayar resiko tunggakan BPJS. Apabila Anda tidak ingin hal ini terjadi, segera ubah status BPJS Anda menjadi BPJS mandiri.

Dengan begitu Anda tidak perlu membayar tunggakan BPJS nya. Syarat dan cara eklaim BPJS ketenagakerjaan bagi yang mengundurkan diri apa ya? Seperti yang telah diuraikan pada penjelasan di atas mengenai syarat mengajuan e-klaim bagi karyawan yang mengundurkan diri beserta cara melakukan e-klaim online.

Advertisements