Berapa Lama Proses Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan?

Berapa Lama Proses Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan – Ketika Anda berhenti dari pekerjaan, Anda harus memastikan parklaring atau surat referensi dari perusahaan. Selain itu, pastikan pula bahwa perusahaan  sudah melaporkan Anda ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan dimana perusahaan terdaftar dan menyatakan bahwa Anda sudah berhenti bekerja.

Hal ini dilakukan dalam rangka pencairan JHT. Lalu berapa lama proses penonaktifan bpjs ketenagakerjaan? Umumnya pegawai akan mencapai tingkat prestasinya pada suatu waktu sedang merintis karir di perusahaan.

Ataupun ada titik jenuh dimana karyawan tersebut memerlukan suatu suasana baru. Inilah salah satu faktor yang memuat mereka berhenti dari pekerjaan.

Advertisements

Namun, tahukah Anda  jika Anda terdaftar menjadi salah satu peserta BPJS TK, maka Anda perlu menonaktifkan BPJS TK tersebut, karena ini terkait dengan tanggungan perusahaan.

Berapa Lama Proses Penonaktifan BPJS Ketenagakerjaan?

Proses penonaktifan BPJS ketenagakerjaan dilakukan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Umumnya mereka akan melaporkan data upah mutasi karyawan kepada BPJS KT. Selanjutnya data karyawan tersebut akan didaftarkan kembali menjadi peserta BPJS KT dengan melampirkan form F1 oleh pihak perusahaan.

Atas dasar tersebut kemudian pegawai akan mendapatkan kartu peserta. Begitupula bagi karyawan yang keluar dari perusahaan tempat bekerja, maka perusahaan tersebut akan menyerahkan isian form F1b sebagai bukti bahwa karyawan tersebut telah keluar dari kepesertaan BPJS TK.

Advertisements

Hal ini penting dan wajib dilakukan, karena jika perusahaan tidak menyerahkan form F1b, BPJS TK tidak bisa melakukan penonaktifan kepesertaan, sehingga perusahaan tetap berkewajiban untuk membayar karyawan tersebut, karena masih dinyatakan aktif.

Perlu Anda ketahui pula bahwa proses kepesertaan bagi karyawan, baik yang terdaftar ataupun  yang keluar hanya dapat dilakukan di kantor cabang dan hanya dilakukan oleh petugas yang telah ditunjuk menjadi pembina perusahaan. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah bahwa kepengurusan BPS TK tidak dilakukan di kantor pusat dan berapa lama proses penonaktifan bpjs ketenagakerjaan?

Solusi yang dapat diambil ketika Anda berhenti dari pekerjaan, anda perlu menonaktifkan kepesertaan BPJS TK. Selanjutnya Anda melapor ke pihak perusahaan untuk menonaktifkan kepesertaan. Demikian penjelasan mengenai penonaktifan BPJS Kesehatan.

Untuk mengetahui berapa lama proses penonaktifan bpjs ketenagakerjaan, Anda dapat menghubungi call center 1500910. Saat penonaktifan, semua iuran dan pengembangan yang dibayarkan akan dikembalikan sekaligus oleh perusahaan tersebut.

Sebagai badan penyelenggara, mereka melakukan hal yang menjadi kewenangan terhadap apa yang telah dilakukan.   Oleh sebab itu, perlu partisipasi bersama untuk saling mengkonfirmasi supaya tidak terjadi salah paham. Informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan dapat dilihat melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Jadilah warga negara yang memiliki pengetahuan luas, mengerti terhadap setiap kebijakan, sehingga Anda mengetahui apa yang dapat dilakukan ketika mengambil sebuah langkah. Bersama menuju masyarakat Indonesia yang hebat. Sekian, semoga bermanfaat!

Advertisements