Panduan Lengkap Cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan 2019

Cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan – BPJS merupakan kepanjangan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Di Indonesia sendiri ada dua jenis BPJS, yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Keduanya merupakan Badan Hukum pemerintah yang memiliki tanggung jawab terhadap Jaminan Sosial Masyarakat.

Namun, kali ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai cara menjadi anggota BPJS Kesehatan. Kepesertaan BPJS Kesehatan diwajibkan bagi setiap warga negara Indonesia maupun warga asing yang telah bekerja di Indonesia sekurang-kurangnya selama 6 bulan.

Advertisements

Panduan lengkap cara mengisi formulir BPJS Kesehatan diperlukan untuk melengkapi formulir pendaftaran BPJS Kesehatan. Berikut akan dipaparkan tata caranya.

Advertisements

Panduan Lengkap Cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan

  1. Sebelum mengisi Formulir, Anda perlu menyiapkan dokumen atau berkas umum, seperti:
  • Kartu Identitas yang masih berlaku (KTP, SIM, Paspor)
  • Bagi yang sudah menikah, siapkan Buku Nikah
  • Kartu Keluarga terbaru
  • Fotocopy buku tabungan
  • Pas Foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  1. Mengisi Nomor Identitas BPJS Kesehatan (diisi oleh Petugas BPJS Kesehatan)
  2. Mengisi Kolom Jenis Pekerjaan Anda, dalam tahap ini Anda isi sesuai dengan jenis pekerjaan yang tengah Anda lakukan.
  3. Panduan lengkap cara mengisi formulir BPJS Kesehatan selanjutnya adalah mengisi kolom identitas. Adapun kolom yang diisi diantaranya, nomor Kartu Keluarga, NIK/KTAS/KTP, nama pada kartu, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, nomor telepon, alamat e-mail, alamat tempat tinggal, alamat surat menyurat dan nomor NPWP.
  4. Mengisi kolom identitas pekerjaan. Beberapa poin yang harus diisi ini adalah terkait identitas pekerjaan Anda, seperti Pegawai Negeri, Swasta atau masyarakat biasa.
  5. Mengisi kolom kelas rawat dan faskes.
  6. Mengisi kolom data keluarga. Di bagian ini Anda akan diarahkan untuk mengisi identitas suami dan anak-anak sesuai dengan data yang telah Anda miliki.
  7. Setelah formulir pendaftaran diisi, kemudian Anda akan mendapatkan nomor virtual account. Virtual account inilah yang akan Anda gunakan untuk melakukan transaksi transfer uang ke salah satu Bank yang telah ditetapkan, seperti Bank Mandiri, BRI atau BNI.
  8. Setelah proses transfer Anda akan mendapat Bukti transfer. Bukti inilah yang kemudian digunakan untuk ditukar dengan Kartu BPJS Kesehatan.

Panduan ini ditujukan untuk mempermudah pengisian formulir BPJS. Bagi Anda yang baru mendaftarkan diri menjadi Anggota BPJS Kesehatan, Anda dapat mengikuti panduan diatas.

Selain itu, jika ada hal yang belum juga dipahami, Anda dapat bertanya kepada petugas BPJS atau layanan informasi yang tersedia di tempat pendaftaran BPJS.

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut diatas, Anda harus menunggu terlebih dahulu selama empat belas hari setelah pembuatan kartu BPJS Kesehatan.

Baru setelah itu Kartu BPJS Anda akan aktif dan sudah mulai bisa digunakan. Meski proses pengisian formulir cenderung rumit, bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya.

Asalkan Anda mengerti, memahami serta mengikuti panduan lengkap cara mengisi formulir BPJS Kesehatan, tidak akan sulit.

Advertisements