Mengapa Nomor KPJ Tidak Terdaftar Saat Cek Online

Mengapa Nomor KPJ Tidak Terdaftar Saat Cek Online – Dengan adanya layanan e-service dari BPJS Ketenagakerjaan maka setiap anggota bisa melakukan pengecekan saldo secara online.

Namun, terkadang muncul permasalahan nomor KPJ tidak terdaftar sehingga Anda pun kesulitan mengetahui saldo terakhir di rekening.

Mengapa nomor KPJ tidak terdaftar saat cek online, tentu harus dicari penyebabnya terlebih dahulu agar Anda bisa login ke akun di situs BPJS.

Advertisements

Mengapa Nomor KPJ Tidak Terdaftar Saat Cek Online

  1. Pendaftaran belum sampai 14 hari

Setelah Anda mendaftar dan mendapatkan nomor virtual account, Anda harus menunggu selama 14 hari sebelum status Anda terdaftar dan bisa melakukan pembayaran pertama.

Jika Anda membuka situs BPJS dan mengisikan nomor KPJ untuk registrasi online, maka akan muncul keterangan bahwa Anda belum terdaftar sebagai anggota BPJS atau nomor yang Anda masukkan salah.

Jika menghadapi permasalahan seperti ini, Anda harus menunggu hingga masa pengaktifan kepesertaan benar-benar telah sampai masa dua minggu sehingga ketika Anda memasukkan nomor KPJ secara otomatis data Anda akan tertera di layar.

  1. Kesalahan sistem dan server di website BPJS

Penyebab kedua ini jarang terjadi namun sesekali ketika jumlah pengunjung website mengalami peningkatan drastis biasanya terjadi trouble system internet. Jangan panik mengapa nomor KPJ tidak terdaftar saat cek online.

Jika menghadapi kendala seperti ini, Anda bisa mengunjungi kembali website setelah beberapa waktu kemudian. Biasanya gangguan ini tidak berlangsung lama.

Advertisements
  1. Kesalahan menginput data KPJ

Meski tergolong kesalahan ringan namun seringkali ketika muncul keterangan bahwa nomor KPJ tidak terdaftar akibat kesalahan menginput data.

Pengisian nomor KPJ adalah cara mengakses kepesertaan Anda, oleh karena itu telitilah terlebih dahulu setiap digit angka yang diisikan sebelum mengklik ikon submit di samping kolom isian.

Jika terjadi kesalahan ini, hapus isian sebelumnya lalu input ulang nomor KPJ Anda. Namun jika pengisian telah benar dan masih muncul keterangan tidak terdaftar, maka Anda perlu menelepon call center sebagai langkah pertama untuk penyelesaian gangguan nomor KPJ tidak terdaftar.

  1. Beralih kepesertaan ke BPJS Ketenagakerjaan Mandiri

Bisa jadi dikarenakan suatu sebab seperti pindah tempat kerja maka perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya akan menonaktifkan kepesertaan BPJS Anda. Jika kemudian Anda mendapat pekerjaan di perusahaan baru maka perusahaan yang akan mengaktifkan keanggotaan Anda kembali.

Lain halnya jika Anda kemudian tidak bekerja lagi kemudian membuka usaha perorangan, Anda pun beralih menggunakan layanan BPJS Ketenagakerjaan Mandiri dengan memenuhi semua persyaratan pendaftaran di kantor BPJS.

Selama masa tenggang Anda terdaftar sebagai anggota di BPJS Ketenagakerjaan Mandiri, maka jika Anda mengecek nomor KPJ lama Anda maka statusnya adalah tidak terdaftar.

Beberapa penyebab yang menjadikan kartu tidak terdaftar hendaknya tidak langsung membuat panik karena bisa dicari solusinya dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, jika permasalahannya adalah karena penonaktifan dalam waktu lama akibat  PHK atau pindah kerja sebaiknya Anda datang langsung ke kantor BPJS untuk mengetahui secara jelas mengapa nomor KPJ tidak terbaca saat cek Online agar mendapatkan informasi dan solusi paling tepat.

Advertisements