Cara Cek Saldo Jamsostek yang Sudah Tidak Aktif Bagaimana Cara Mengeceknya?

Cek Saldo Jamsostek yang Sudah Tidak Aktif – Bingung dengan cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif? atau Anda tidak tahu bagaimana cara mengeceknya?

Seiring dengan berkembangnya waktu, cara-cara cek demikian semakin mudah. Anda tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor jamsostek hanya untuk mengecek saldo.

Adanya teknologi semakin memudahkan manusia dalam segala hal. Jadi jika memang ada yang mudah, mengapa harus yang susah?

Advertisements

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif, simak langkah-langkah di bawah ini:

Cara Cek Saldo Jamsostek yang Sudah Tidak Aktif Bagaimana Cara Mengeceknya?

1.  Melalui Web

Siapkan laptop atau komputer terlebih dahulu. Pastikan alat yang Anda gunakan terkoneksi dengan internet. Ketikkan alamat website jamsostek di mesin pencarian. Setelah terbuka, pilih opsi tenaga kerja.

Nanti Anda bisa melihat informasi mengenai saldo yang tersisa dan yang sudah tidak aktif. Jangan lupa, dalam mengisi username dan password Anda jangan sampai salah. Salah memasukkan data, Anda bisa tidak dapat masuk ke halaman yang bersangkutan.

2. SMS

Pihak jamsostek juga menyediakan layanan sms bagi para penggunanya. Sejumlah format sudah diatur oleh jamsostek. Ketik saldo# nomor jamsostek kirimkan ke nomor 08111009696.

Sama halnya dengan layanan lain yang mencangkup berbagai fasilitas, layanan sms jamsostek pun bisa Anda gunakan untuk mengecek masih aktif atau tidaknya kartu jamsostek Anda.

3.  Aplikasi BPJSTK

Advertisements

Cara terakhir adalah dengan penggunaan aplikasi BPJSTK. Anda yang menggunakan handphone berbasis android, disarankan untuk menginstal aplikasi tersebut. Untuk mendapatkannya, Anda tinggal membuka playstore, mendownload dan langsung bisa digunakan.

Bahkan cara ini jauh lebih praktis dibandingkan harus menggunakan format sms. Hal yang perlu Anda pastikan hanya ketersediaan kuota internet di handphone. Tanpa adanya hal tersebut, aplikasi jamsostek tidak bisa digunakan.

Tidak hanya jamsostek, internet yang sering Anda gunakan tidak bisa dilakukan. Paling tidak, jika Anda tidak mempunyai cukup quota, Anda pergi ke tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis. Dari tempat itu, Anda membuka aplikasi BPJSTK mengecek apakah saldo masih aktif atau tidak.

Sudah sejak lama jamsostek digunakan oleh para perusahaan untuk menjamin kesehatan para pegawainya. Dengan adanya jamsostek, para karyawan tidak perlu memikirkan tentang biaya ketika jatuh sakit.

Semua hal itu sudah menjadi tanggungjawab perusahaan. Hal itu pun sama berlakunya ketika terjadi kecelakaan kerja.

Cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif tidak jarang dilakukan oleh orang-orang. Mereka hanya ingin memastikan jamsostek yang mereka punya benar-benar bisa digunakan ketika dibutuhkan.

Tanpa adanya jamsostek, kesulitan membayar biaya rumah sakit pasti akan terjadi. Biaya yang tidak diprediksi akan semakin memberatkan pasien.

Untuk itu, sering-seringlah mengecek keaktifan kartu jamsostek Anda. Sebelum benar-benar membutuhkan di kemudian hari dan Anda tidak bisa menggunakannya.

Advertisements