Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek Secara Online 2019

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek Secara Online – Mengetahui saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek tidak harus dengan datang ke kantor BPJS atau menunggu laporan pemberitahuan yang dikirim setiap tahunnya.

Saat ini cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek secara online sudah bisa diakses dimanapun Anda berada. 2% dari pendapatan Anda ditambah 3,7% yang disetorkan oleh perusahaan tempat bekerja setiap bulannya selama beberapa tahun tentu membuat Anda perlu mengecek jumlah saldo di rekening akun BPJS Anda.

  1. Siapkan KPJ Anda atau catat nomornya

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah siapkan Kartu BPJS Anda atau catat saja nomor pada kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan (KPJ) yang terdiri digit angka yang ada di bagian depan kartu. Angka itu akan digunakan untuk memverifikasi data keanggotaan sehingga diketahui jumlah saldo JHT Anda.

Advertisements
  1. Buka laman website resmi BPJS Ketenagakerjaan

Website resmi BPJS Ketenagakerjaan dilengkapi berbagai fitur yang salah satunya adalah cek saldo JHT. Jika Anda baru pertama mengunjungi situsnya maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek Secara Online

  • Klik register yang terdapat di sebelah ikon login
  • Isikan data seperti nama, nomor KTP, nomor handphone dan alamat email serta data lainnya dengan benar dan lengkap
  • Klik submit jika pengisian telah lengkap
  • Buka email dan lakukan verifikasi sesuai petunjuk dan keterangan yang ada. Gunakan PIN yang dikirimkan ke email untuk login ke website.
  • Selanjutnya buka kembali website, login dengan email serta PIN akun Anda

Sedangkan jika Anda sudah memiliki akun di website BPJS maka cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek secara online cukup klik tanda login dan isikan email beserta password  yang sudah didaftarkan sebelumnya, secara otomatis laman website akan terbuka dan Anda bisa melakukan cek saldo.

Advertisements
  1. Cari Menu cek saldo JHT

Setelah berhasil login Anda akan menemukan beberapa menu di laman website seperti profil tenaga kerja. E-klaim yang berfungsi untuk melakukan klaim pertanggungan BPJS Ketenagakerjaan secara online, simulasi JHT berisi simulasi perhitungan saldo JHT.

JHT tahunan berisi rincian pertambahan saldo selama setahun dan cek saldo JHT yang berisi informasi jumlah saldo terakhir setiap pekerja. Anda bisa langsung mengklik ikon cek saldo JHT untuk mengikuti langkah selanjutnya.

  1. Isikan nomor KPJ

Jika Anda baru mendaftar dan baru pertama kali melakukan cek saldo JHT dari website maka isikan nomor KPJ yang terdapat di kartu BPJS Anda terlebih dahulu.

Di bagian kanan atas ada ikon +add KPJ. Klik ikon tersebut selanjutnya masukkan 11 digit nomor KPJ dengan benar. Setelah mengisikan nomor KPJ maka jumlah saldo Anda pun tertera di layar.

BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan layanan cara mengecek JHT BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek secara online yang bisa diakses siapapun dan dimanapun.

Tentunya dengan layanan ini Anda sudah bisa mengetahui pertumbuhan saldo JHT setiap bulannya sebagai jaminan kesejahteraan di masa tua nanti.

Advertisements