Baca Disini Cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan Terbaru 2019

Baca Disini Cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan Terbaru – Badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan atau biasa disebut dengan BPJS kesehatan adalah sebuah asuransi yang disediakan oleh pemerintah kepada para rakyatnya.

Anda yang berminat untuk mendaftarkan diri, jangan khawatir prosesnya akan ribet. Jika Anda penasaran, baca disini cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan terbaru.

BPJS berfungsi sebagai penjamin kesehatan Anda. Dengan mendaftarkan diri ke BPJS, Anda tidak perlu takut-takut lagi tidak bisa membayar biaya rumah sakit.

Advertisements

Semua biaya sangat bisa ditanggung oleh pihak BPJS. Dengan syarat Anda sudah menjadi anggota BPJS minimal dua minggu.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mendaftarkan diri ke BPJS. Jadi, Baca disini cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan terbaru.

Baca Disini Cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan Terbaru

  1. Menyiapkan Syarat-Syarat Terlebih Dahulu

Penting untuk diketahui bahwa sebelum Anda mendaftarkan diri, persyaratan terlebih dahulu perlu dipenuhi. Beberapa persyaratan yang perlu Anda bawa adalah fotocopy KTP, KK, rekening keluarga, foto 3×4 dan persyaratan-persyaratan lainnya. Tanpa persyaratan tersebut, pihak BPJS tidak bisa mendata identitas diri Anda.

2. Datang ke Kantor BPJS

Bisa dikatakan pendaftaran BPJS masih secara manual. Jadi Anda perlu datang ke kantor BPJS untuk mengumpulkan persyaratan.

Di kantor BPJS juga Anda diminta untuk memenuhi formulir yang sudah disediakan. Cara mengisi formulir mencakup nama lengkap, nomor kartu identitas, tanggal lahir, tempat tinggal dan kolom-kolom lainnya.

Advertisements

Sedikit saran karena pendaftar BPJS setiap harinya tidak sedikit, untuk menghindari antrian, Anda terlebih dahulu mendownload formulir BPJS kesehatan di web yang bersangkutan. Formulir bisa Anda isi di rumah.

Jadi ketika datang ke kantor BPJS, Anda tinggal menyerahkan segala persyaratannya. Tanpa repot-repot mengantri lama.

Perlu Anda ketahui bahwa setelah pengumpulan persyaratan beserta formulirnya, kartu BPJS tidak langsung bisa Anda gunakan. Butuh waktu sekitar dua minggu baru bisa Anda gunakan.

Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang mengajukan. Mengingat hal ini, maka sebaiknya Anda memang mempersiapkan BPJS dari jauh-jauh hari, selama Anda mempunyai kesehatan yang bagus.

Jangan sampai Anda baru mengurus BPJS ketika sudah sakit. Selain tidak bisa langsung digunakan, uang yang Anda keluarkan untuk berobat juga tidak terkontrol.

BPJS kesehatan adalah program yang dikeluarkan pemerintah untuk meringankan biaya kesehatan. Sistem yang diterapkan adalah masyarakat membayar sejumlah uang kepada kantor BPJS setiap bulannya.

Istilah mudahnya menabung, Anda bisa menabung 25 ribu, 50 ribu dan seterusnya, disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Nantinya uang yang Anda setorkan itu bisa menjadi biaya yang Anda gunakan ketika sakit. Jumlah uang yang Anda setorkan nantinya juga menjadi indikator ketika memilih kamar rumah sakit.

Jika masih bingung,  baca disini cara Mengisi Formulir Pendaftaran BPJS Kesehatan terbaru. Anda tidak perlu menunda-nunda lagi, segera daftarkan diri Anda sebelum penyakit menyerang.

Advertisements