Cara Cek Saldo Jamsostek yang Sudah Tidak Aktif Via SMS 2019

Cek Saldo Jamsostek yang Sudah Tidak Aktif  Via SMS – Di era yang serba sibuk seperti sekarang ini, banyak para pengguna jasa lembaga asuransi termasuk Jamsostek yang tidak ingin repot datang ke kantor hanya untuk mengecek kartunya masih aktif atau tidak, atau sekedar untuk mengecek saldo di kartu yang sudah tidak aktif lagi.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengecek saldo Anda, termasuk cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif via sms. Cara-cara ini tidak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan para pengguna kartu Jamsostek yang tidak ingin kehilangan banyak waktu.

Jamsostek atau yang sekarang lebih dikenal dengan BPJS Ketenagakerjaan ini adalah badan layanan umum yang menyediakan layanan mirip asuransi kepada para tenaga kerja di Indonesia. Berbagai layanan terbaru pun telah tersedia bagi Anda yang menggunakan Kartu Jamsostek/BPJS.

Advertisements

Penggunaan layanan ini teramat penting bagi Anda para tenaga kerja mengingat resiko besar yang bisa tiba-tiba menimpa tanpa dapat diduga-duga. Selain itu, Jamsostek akan dapat Anda sekalian rasakan ketika menjelang hari tua, yakni karena dalam salah satu program layanannya menyediakan jaminan hari tua.

Cara Cek Saldo Jamsostek yang Sudah Tidak Aktif Via SMS

Jadi jika para pekerja menemukan kartu Jamsosteknya sudah tidak aktif lagi karena terlalu lama tidak digunakan, semisal juga tidak membayar iuran yang harusnya rutin dibayarkan oleh pihak pekerja dan juga pihak tempat Anda bekerja atau penyedia pekerjaan.

Advertisements

Maka hal yang harus lekas dilakukan adalah mengecek adanya sisa saldo yang masih bisa digunakan. Tapi bagaimana caranya? Ternyata selain dapat mengunjungi kantor Jamsostek, Anda juga bisa mengecek saldo lewat sms.

Adapun cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif via sms yakni sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan kartu Jamsostek

Meskipun kartu jamsostek sudah tidak aktif lagi, namun kartu tersebut tetap dibutuhkan untuk mengetahui nomor ID yang Anda miliki. Karena syarat untuk dapat mengetahui jumlah saldo yang masih Anda miliki adalah nomor ID atau nomor peserta jamsostek tersebut.

2.  Ketik SALDO#Nomor Jamsostek

Setelah kartu telah dipersiapkan, maka hal yang harus dilakukan adalah mengetik SALDO#Nomor Jamsostek atau Nomor peserta jamsostek yang Anda miliki.

Pastikan pulsa mencukupi karena biasanya per sms dikenakan tarif lebih dari 150 rupiah, bisa sekitar 165 rupiah. Kirim sms tersebut ke nomor 08111009696.

     3.   Tunggu beberapa saat

Setelah sms terkirim, tunggulah beberapa saat untuk dapat menerima balasan. Biasanya tidak sampai tiga menit, sms yang Anda kirim akan dibalas dan sisa saldo dalam kartu Anda yang telah tidak aktif akan dapat diketahui.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara cek saldo jamsostek yang sudah tidak aktif via sms. Jadi, tidak perlu lagi bingung untuk dapat mengetahui jumlah saldo Anda.

Advertisements