Sudah Aktif Belum Kartu BPJS Kamu?? Coba Lakukan Cara Ini

Sudah Aktif Belum Kartu BPJS Kamu??  – Pernahkah Anda pergi ke rumah sakit atau akan berobat dengan menggunakan kartu BPJS akan tetapi kartu tersebut tidak dapat digunakan? Padahal Anda sudah terlebih dulu mendaftarkannya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Sebenarnya  Sudah Aktif Belum Kartu BPJS Kamu?? Coba Lakukan Cara Ini untuk mengecek keaktifan kartu tersebut sebelum Anda menggunakannya untuk berobat.

Sebelumnya, ada banyak penyebab yang melatarbelakangi tidak dapat digunakannya kartu bpjs peserta. Bisa karena menunggak membayar iuran, ada pihak keluarga yang menunggak pembayaran iuran, atau masih menunggu proses pembayaran di bulan pertama.

Advertisements

Jadi ketika Anda menunggak iuran, maka kartu bpjs tersebut akan otomatis non-aktif dan akan dapat aktif kembali apabila iuran tersebut sudah dilunasi. Jadi Sudah Aktif Belum Kartu BPJS Kamu?? Coba Lakukan Cara Ini untuk mengetahuinya:

Sudah Aktif Belum Kartu BPJS Kamu?? Coba Lakukan Cara Ini

1.   Cek menggunakan layanan call center bpjs

Hal paling mudah yang dapat Anda lakukan untuk memastikan keaktifan kartu bpjs adalah dengan menghubungi pihak bpjs melalui call center 1500400. Cara ini tidak memakan banyak waktu asal Anda memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan.

Selain untuk memastikan aktif tidaknya kartu, lewat panggilan tersebut Anda juga dapat menanyakan terkait saldo dan jumlah tagihan atau iuran yang belum dibayarkan.

Advertisements

2. Cek dengan NIP, NIK, atau NOKA

Jika pulsa tidak mencukupi, para peserta yang ingin mengetahui status keaktifan kartunya dapat melakukan pengiriman sms gateway dengan menyertakan nomor induk pegawai (NIP) dengan cara ketik NIP(spasi)Nomor Induk Pegawai kirim ke nomor 087775500400.

Cara yang sama dapat Anda lakukan dengan ketik NOKA(spasi)Nomor Kartu/Anggota BPJS Kesehatan dan kirim di nomor yang sama.

Begitu juga jika menggunakan Nomor Induk Kependudukan, tinggal ketik NIK(spasi)Nomor Induk Kependudukan dan kirim ke nomor yang telah disediakan yakni 087775500400.

3.  Cek dengan layanan situs resmi bpjs

Pihak bpjs kesehatan ternyata juga telah membuat inovasi dengan mengembangkan situs resminya di alamat www.bpjskesehatan.go.id yang dapat membantu mempermudah kebutuhan para peserta pengguna kartu bpjs.

Hanya dengan memasukkan nomor peserta atau nomor kartu bpjs yang Anda miliki, segala informasi termasuk keaktifan, saldo, dan jumlah tunggakan akan dapat terlihat.

Jika dalam informasi tersebut menyatakan adanya tunggakan iuran, maka bisa dipastikan penyebab kartu bpjs nonaktif adalah hal tersebut. Maka langkah yang harus Anda lakukan adalah segera melunasi tagihan.

Jadi Sudah Aktif Belum Kartu BPJS Kamu?? Coba Lakukan Cara Ini, siapa tahu beruntung. Sayangnya cara ketiga tersebut sering tidak dapat diandalkan karena sistem dalam keadaan maintenance.

Jika sudah begitu akan lebih baik jika peserta bpjs menggunakan dua cara selainnya agar status keaktifan segera dapat dilacak, sehingga kartu bpjs dapat segera dipergunakan.

Advertisements