Kenapa Tidak Bisa Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2019

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – Dengan hadirnya layanan pengecekan saldo secara online, setiap anggota bisa mengetahui pertumbuhan jumlah saldo setiap bulannya.

Seringkali, ketika nomor KPJ sudah diinput untuk keperluan pengecekan saldo terakhir namun data jumlah saldo tidak muncul.

Lalu kenapa tidak bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sementara Anda telah terdaftar sebagai anggota.

Advertisements

Kenapa Tidak Bisa Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

  1. Kesalahan pengisian nomor KPJ

Hal ini paling sering terjadi ketika Anda telah menekan ikon submit namun yang terjadi data jumlah saldo tidak muncul di layar.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah periksa kembali angka yang diisikan di kolom KPJ, jangan sampai ada kesalahan satu angka pun. Karena ini akan menyebabkan data Anda tidak terbaca maupun muncul keterangan bahwa Anda belum terdaftar.

  1. Kartu dinonaktifkan oleh perusahaan

Saat terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun karena Anda mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan, maka pihak perusahaan akan langsung menonaktifkan keanggotaan Anda.

Selama masa ini maka Anda tidak bisa melakukan cek saldo. Datanglah ke Kantor BPJS untuk menyelesaikan permasalahan, jika Anda kemudian telah mendapatkan pekerjaan baru maka mendaftarlah melalui perusahaan tempat Anda bekerja sekarang.

Jika belum bekerja atau membuka usaha sendiri, Anda akan disarankan untuk beralih keanggotaan menjadi BPJS Ketenagakerjaan Perorangan/Mandiri.

Advertisements
  1. Terjadi penunggakan iuran melebihi 3 bulan

Jika terjadi keterlambatan pembayaran iuran hingga melebihi 3 bulan maka keanggotaan BPJS Anda dinonaktifkan secara otomatis. Itulah penyebab kenapa tidak bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Jika mengalami permasalahan ini tentunya Anda maupun perusahaan tempat bekerja harus melunasi tunggakan terlebih dahulu agar bisa mengakses kembali pertumbuhan saldo di rekening.

  1. Gangguan pengaksesan di situs BPJS Ketenagakerjaan

Jika tidak ada permasalahan dengan tunggakan iuran maupun penonaktifan dari pihak perusahaan, maka bisa jadi gangguan pengecekan jumlah saldo di rekening terjadi akibat terlalu banyak yang mengakses laman situs di waktu yang sama.

Anda bisa memilih mengecek saldo di waktu lain seperti malam hari ataupun setelah jam kerja karena biasanya di jam ini website lebih mudah diakses.

  1. Anda beralih keanggotaan menjadi BPJS Ketenagakerjaan Mandiri

Ketika Anda mengajukan menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan Mandiri, secara umum Anda melengkapi semua berkas sebagaimana anggota baru.

Begitupun status keaktifan Anda, ada jeda masa tunggu selama dua minggu sebelum data Anda bisa kembali diakses. Jika Anda melakukan pengecekan saldo dalam masa tunggu ini, maka data Anda tidak akan muncul meskipun Anda telah memiliki nomor virtual account.

Sebagian pekerja terdaftar memilih menghubungi call center untuk mengetahui kenapa tidak bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sebagai  tindakan  paling cepat untuk mengetahui penyebabnya.

Selain itu, cara terbaik untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Advertisements