Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Tanpa NPWP

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Tanpa NPWP – Di tahun-tahun ini sudah banyak masyarakat yang mendaftarkan diri atau mengikutsertakan diri menjadi salah satu anggota atau peserta bpjs, baik bpjs ketenagakerjaan maupun bpjs kesehatan.

Selain karena mirip asuransi, ternyata banyak manfaat yang bisa diambil dari keikutsertaan tersebut. Saat ini ada cara daftar bpjs kesehatan online tanpa npwp.

Mengingat banyak yang terkendala mendaftar karena keharusan menggunakan npwap sebagai salah satu syarat. Nah, bagaimana caranya sampai bisa tanpa npwp?

Advertisements

Padahal selama ini syarat mutlak dari pendaftaran peserta bpjs haruslah memiliki nomor pokok wajib pajak atau yang sering disingkat npwp. npwp memang harusnya dimiliki oleh Anda yang sudah bekerja dan merupakan warga negara asli Indonesia.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Tanpa NPWP

Tapi ternyata tidak semua masyarakat memiliki npwp, sehingga membuat kebanyakan orang yang merupakan tenaga kerja tidak dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan bpjs kesehatan.

Saat ini Anda tidak perlu lagi khawatir jika memang tidak memilik npwp dan ingin mendaftar bpjs kesehatan. Di era digital ini bahkan ada cara daftar bpjs kesehatan online tanpa npwp yang tidak akan merugikan Anda sama sekali. Adapun langkah-langkah untuk mendaftar tanpa npwp adalah sebagai berikut:

1.  Buka situs bpjs kesehatan

Advertisements

Anda dapat membuka situs resmi bpjs kesehatan di alamat www.bpjs-kesehatan.go.id. Setelah membuka, jangan lupa mempelajari semua ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh pihak bpjs dan mengharuskan Anda menaatinya.

Jika sudah memahami segala ketentuan yang ada, centang bagian persetujuan syarat dan ketentuan. Setelah tahap itu selesai, klik tombol pendaftaran.

2.  Isilah data diri

Di dalam laman pendaftaran, usahakan Anda mengisi data diri sesuai dengan keaslian dokumen yang dimiliki. Biasanya dalam formulir ini berisi jenis pendaftaran. Karena Anda peserta baru maka lakukan registrasi terlebih dahulu.

Pastikan mengisi nomor KTP dengan benar, termasuk nama, alamat, tempat dan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera dalam KTP Anda. jangan lupa memasukkan nomor hp yang masih aktif dan dapat dihubungi.

3.  Kosongi bagian NPWP

Untuk Anda atau peserta pendaftar yang tidak atau belum memiliki npwp, cukup dengan mengabaikan kolom yang tertera pada bagian npwp. caranya adalah dengan mengosongi kolom tersebut. Dengan begitu, dipastikan Anda bisa mendaftar tanpa menggunakan npwp

Setelah melengkapi segala data dan mendapatkan nomor registrasi, maka simpan pendaftaran Anda. Lakukan verifikasi data lewat e-mail dan segera lakukan pembayaran pertama di awal bulan. Setelah itu, cetak kartu bpjs kesehatan milik pribadi.

Untuk langkah terakhir yakni cetak kartu, pastikan mendatangi kantor cabang bpjs terdekat, karena butuh petugas untuk bisa mencetaknya.

Nah, demikianlah cara daftar bpjs kesehatan online tanpa npwp. Sangat mudah dan cepat tanpa harus bingung hanya karena tidak punya npwp.

Advertisements