Begini Cara Mengetahui Kode Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengetahui Kode Iuran BPJS Ketenagakerjaan – BPJS Ketenagakerjaan kini selalu berinovasi termasuk dalam hal pembayaran. Jika dulu membayar BPJS Ketenagakerjaan menggunakan VA atau Virtual Account, kini pembayaran sudah berubah ke sistem EPS atau Electronic Payment System.

Dalam sistem pembayaran BPJS, ada beberapa syarat yang harus Anda miliki terlebih dahulu. Salah satunya adalah kode iuran. Bagaimana mendapatkannya? begini cara mengetahui kode iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelum itu, apakah Anda tahu apa itu kode iuran? Jika belum mengetahui apa itu kode iuran dan apa kegunaan dari kode iuran, maka akan dipaparkan terlebih dahulu apa itu kode iuran.

Advertisements

Banyak para pengguna BPJS yang masih belum mengetahui apa itu kode iuran, apalagi yang belum familiar dengan pembayaran EPS. Kode iuran adalah sebuah kode yang digunakan untuk membayar iuran BJPS Ketenagakerjaan setiap bulannya menggunakan sistem pembayaran EPS.

Kode iuran BPJS Ketenagakerjaan ini harus dimiliki oleh setiap karyawan anggota BPJS yang terdaftar di sistem EPS. Kode iuran memiliki dua status yaitu PAID dan UNPAID. Kode iuran akan tertulis PAID jika Anda sudah membayar iuran. Tertulis UNPAID jika ternyata belum membayar iuran untuk periode bulan ini.

Lalu bagaimana cara mengetahui kode iuran BPJS Ketenagakerjaan? begini cara mengetahui kode iuran BPJS Ketenagakerjaan. Berikut langkah-langkahnya.

Advertisements

Begini Cara Mengetahui Kode Iuran BPJS Ketenagakerjaan

  1. Perlu Anda ketahui, untuk mengetahui kode iuran setiap pengguna BPJS Ketenagakerjaan, maka harus memiliki akun terlebih dahulu di sistem EPS.
  2. Buat akun EPS di http://eps.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  3. Ikuti instruksi yang disarankan.
  4. Aktivasi EPS melalui Email yang sudah dicantumkan.
  5. Log in akun EPS.
  6. Di halaman menu EPS yang sudah terlog in dengan akun Anda, klik menu perusahaan.
  7. Setelah itu akan terlihat menu daftar transaksi kode iuran pada halaman tersebut.
  8. Pilih menu buat kode iuran Anda.
  9. Kemudian muncul form yang harus diisi berupa bulan iuran, rincian iuran, jumlah iuran, dan denda.
  10. Klik proses.
  11. Setelah proses selesai, akan muncul kode iuran yang sudah bisa digunakan.

Dengan sistem EPS pembayaran BPJS Ketenagakerjaan semakin mudah dan cepat. Kode iuran yang sudah Anda dapat bisa digunakan membayar iuran di berbagai Bank seperti BTN, BCA, Mandiri, Bukopin, BNI, BJB, dan BRI.

Caranya adalah dengan E-payment di ATM kemudian pencet tombol UNPAID. Setelah itu klik Ya dan BPJS Ketenagakerjaan sudah terbayar. Begini cara mengetahui kode iuran BPJS Ketenagakerjaan dengan benar.

Anda harus mengingat-ingat langkah-langkah di atas agar bisa melakukan pembayaran. Jangan lupa untuk selalu mengecek status iuran.

Walaupun setelah melakukan pembayaran otomatis tersimpan di sistem akan tetapi tidak ada salahnya untuk memastikan status pembayarannya dari UNPAID menjadi PAID untuk menghindari kesalahan sistem.

Advertisements